Hikmah yang Terkandung dalam Salah Pilih Jurusan saat Kuliah

1096114-1437679280-92ecccec103acb58a6c5600d72b8b333

Hai Sobat Icampus! Kuliah adalah saat-saat yang kata orang merupakan momen terindah. Karena pada saat kuliah kita memiliki kebebasan untuk menentukan jurusan apa yang ingin kita ambil dan kenapa kita mengambil jurusan tersebut. Berbeda dengan saat SMA yang mana kita harus mengikuti semua mata pelajaran, saat kuliah kita bisa memilih jurusan tertentu dan kemudian mempelajari mata kuliah yang berkaitan.

Sayangnya, gak semua merasa sudah berada di jurusan yang benar. Gak jarang, beberapa di antara kalian pasti merasa tersesat di jurusan yang salah. Saat kamu merasakan hal ini, coba pikirkan kembali nih beberapa hal di bawah ini.

1. Percayalah ini takdir yang harus kamu jalani, jalanilah dengan sepenuh hati

Sebelum memilih pindah jurusan atau yang lebih parah lagi berhenti kuliah, coba deh kamu berusaha meyakinkan diri bahwa ini semua sudah takdir yang harus dijalani. Gak semua orang bisa berkuliah di jurusan yang mereka inginkan. Tapi semua orang punya kesempatan untuk memutuskan menyelesaikan kuliah mereka atau berhenti di tengah jalan. Kamu mau mengambil keputusan yang mana?

2. Kita semua tidak bisa memprediksi masa depan, siapa tau kamu akan sukses dengan jurusan yang sekarang

Belum tentu saat kamu berada di jurusan yang kamu inginkan, kamu akan sukses. Karena gak ada yang bisa menjamin hal ini. Jurusan saat kuliah bukan penentu 100% kesuksesan seseorang kok. Percayalah kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan, dan ijazah mu nantinya hanya akan menjadi salah satu faktor pendorong kesuksesanmu.

3. Salah pilih jurusan akan membuka wawasanmu terhadap hal baru yang belum kamu kuasai

Salah satu penyebab kamu merasa salah jurusan pasti karena kamu gak menguasai materi yang dipelajari di jurusan tersebut. Jangan berkecil hati, justru dari sinilah kamu mulai membuka wawasan terhadap hal baru. Apalagi, jurusan yang kamu inginkan pun belum tentu bisa kamu kuasai semua bidangnya. Jadi, semua jurusan kuliah, apapun itu, memang menuntut kita untuk belajar dan terus belajar.

4. Kamu gak sendiri, pasti ada di antara teman-temanmu yang merasakan hal yang sama

Coba deh kamu tengok kanan dan kiri. Atau, kalau kamu mau, lakukanlah riset tentang orang-orang sukses. Apakah mereka rata-rata sukses di bidang yang mereka tekuni saat kuliah? Kebanyakan, orang-orang setelah lulus kuliah, malah lebih berkembang di bidang yang bukan merupakan jurusannya. Jadi, gak perlu berkecil hati, apapun passionmu atau minatmu, kamu masih punya kesempatan untuk mengejarnya saat lulus nanti. Untuk saat ini, kewajibanmu adalah menyelesaikan keputusan yang sudah kamu buat.

5. Jurusan apapun, selama ditekuni dan berusaha dicintai, pasti kamu mampu lulus dengan baik

Intinya, di jurusan manapun kamu sekarang, seriuslah menekuninya. Berusahalah mencintai jurusan tersebut, meskipun harus bersusah payah. Buatlah kenangan indah, baik dengan teman ataupun dosen-dosennya. Jika kamu bersungguh-sungguh, kamu pasti bisa lulus dengan nilai yang memuaskan, kok.

Tetap semangat meski merasa salah jurusan ya. Jangan buat hal itu menjadi sesuatu yang memadamkan api perjuanganmu.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar