Pantang Menyerah, 5 Hal ini Akan Buatmu Kuat Hadapi Kegagalan

1417473shutterstock-153929321780x390

Hai Sobat Icampus! Kehidupan yang kita jalani sering kali tak sesuai dari yang kita harapkan. Menghadapi sebuah kegagalan bukanlah hal mudah. Rasa sedih, kecewa, motivasi yang menurun semakin menggoyahkan semangat kamu untuk meraih tujuanmu. Namun, kegagalan bukanlah pemberhentian akhir dimana kamu harus berhenti dan menyerah di titik ini.

Jadikanlah kegagalan yang kamu alami sebagai sebuah pemberhentian sesaat sebelum kamu bangkit dan tetap kuat dengan cara ini.

1. Ubah mindset
Ubahlah mindset negatif yang ada menjadi mindset positif. Hal tersebut bisa membangkitkan kembali motivasi serta harapan yang kamu miliki.

2. Percaya pada dirimu sendiri
Semuanya tergantung pada dirimu. Kamu adalah apa yang kamu percayai. Biarkan keyakinan itu muncul dalam dirimu dan menjadi awal semangat baru untuk memulai kembali.

3. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan saat ini dan bukan apa yang kamu harapkan bisa lakukan sebelumnya
Yang bisa kamu lakukan saat ini adalah tetap berpikir maju ke depan. Kamu tak perlu lagi menyesali apa yang tidak bisa kamu lakukan dimasa lalu. Karena yang terpenting adalah selama kamu percaya untuk bangkit dan berusaha merealisasikannya, tentu selalu akan ada jalan.

4. Buatlah kegagalan menjadi menjadi sebuah nilai serta pelajaran berharga dalam proses yang kamu jalani
Akan selalu ada makna yang bisa kamu ambil baik dari hal baik maupun hal buruk yang menimpamu. Dengan menyadari akan makna tersebut kegagalanmu bisa menjadi sebuah pembelajaran yang berarti kelak.

5. Berterima kasih karena kamu sudah dibentuk untuk jadi lebih kuat dari sebelumnya
Jatuh dan bangkit, percayakah dari proses itu kamu sedang dibentuk untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya? Terus menyesali kegagalanmu hanya akan membuatmu semakin lelah dan menambah emosi negatif. Cobalah untuk berterima kasih dan berdamai dengan kegagalan tersebut dan memandangnya dari segi yang lebih positif.

Kegagalan hanya akan menjadi kegagalan jika kita tidak belajar darinya, karena pada saat kegagalan itu terjadi, ia ada untuk memaknai kehidupan kita serta memberikan pelajaran yang berarti.

Sumber: Idntimes.com

Komentar