Salah Milih Jurusan? Nih, 5 Hal yang Bisa Kamu Lakuin!

malas-kuliah

Hai Sobat Icampus! Menjalani kehidupan tentulah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalau masalahnya dalam menjalani kehidupan kita pernah salah mengambil keputusan. Contohnya saja, bila kita salah mengambil jurusan saat kuliah.

Penyebabnya beragam mulai dari paksaan orangtua yang memaksa kita masuk di jurusan yang bukan minat kita, memilih jurusan karena ikut-ikutan temen, atau justru kita sendiri yang tidak bijak sebelum memutuskan. Apapun alasannya jangan gampang frustasi. Daripada merugikan dirimu sendiri, berikut lima hal yang bisa kamu lakuin saat kamu salah memilih jurusan!

1. Mulai mempersiapkan diri untuk SBMPTN tahun depan

Daripada waktumu terbuang percuma hanya untuk menyesali pilihanmu saat ini, mendingan kamu mulai mempersiapkan diri untuk SBMPTN tahun depan. Kamu bisa mulai ikut program yang ditawarkan oleh bimbingan belajar atau kamu juga bisa belajar secara mandiri kok. Dan jangan lupa untuk terus update info-info terbaru seputar SBMPTN biar kamu nggak ketinggalan informasi. Semangat!

2. Bersyukur bahwa kamu masih bisa memiliki kesempatan kuliah

Jangan terus-terusan mengeluh apalagi sampai meninggalkan kuliahmu hanya karena kamu tidak bisa mengikuti materi yang diberikan dosenmu. Ingatlah bahwa diluar sana masih banyak dari teman-teman kita yang belum memiliki kesempatan untuk bisa menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi. Seberat-beratnya kuliahmu tetaplah senantiasa belajar. Siapa tau Tuhan sedang mempersiapkan sesuatu yang indah dibalik kesalahanmu memilih sebuah jurusan.

3. Ikutlah kegiatan di fakultas atau kegiatan di universitas

Kadangkala ketika kita sudah benar-benar tidak bisa berpikir apa-apa, mencari pelampiasan merupakan sebuah hal yang wajar-wajar saja. Tapi, bukan mencari pelampiasan yang negatif atau merugikan diri sendiri ya? Lebih baik lampiaskan saja lewat kegiatan-kegiatan yang positif. Misalnya, menjadi panitia dalam acara-acara kampus atau lewat UKM. Lewat kegiatan-kegiatan tersebut kamu akan lebih banyak mengenal orang dan sekaligus bisa saling bertukar cerita soal perkuliahanmu. Itu akan membantumu lepas dari rasa frustasi dan bisa memberimu penghiburan.

4. Kamu harus mencoba untuk tetap positive thinking

“Semakin kau mengeluhkan sesuatu, semakin sesuatu itu menjadi sulit bagimu”

Kalimat di atas agaknya bisa menyadarkanmu untuk selalu berpikir positif meski kamu salah jurusan. Berpikir negatif melulu dan frustasi justru akan membuatmu semakin tertekan dan mengacaukan hari-harimu. Mulailah untuk berpikir bahwa Tuhan tidak selalu memberi apa yang kamu inginkan. Namun, Ia sudah mempersiapkan hal yang bisa menjamin hidupmu lebih dari apa yang kamu impikan sebelumnya. Dan siapa tau jurusanmu saat ini justru bisa kamu andalkan untuk masa depanmu nanti.

5. Bicara langsung ke orangtua

Memberitahu orang tuamu bahwa kamu merasa tidak nyaman di jurusanmu saat ini bisa menjadi cara yang bisa kamu lakukan. Jangan kamu tutup-tutupi atau dipendam saja. Dengan kamu terbuka dengan orang tua sedikitnya itu bisa membuatmu lega dari perasaan tertekan dengan kuliahmu. Bicarakan secara baik-baik dan pikirkanlah secara matang-matang. Pasti orang tuamu tau apa yang terbaik buatmu kok.

Segala sesuatu akan menjadi baik dan semakin baik tergantung dari sikapmu menghadapi situasi. Meski kamu frustasi dan tertekan tetap berusahalah semaksimal mungkin. So, tetap semangat!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar