Teruntuk Para Mahasiswa: IP Cumlaude? Mudah Kok!

nilai-a

Hai Sobat Icampus! Semua mahasiswa pasti inginkan mendapat IP cumlaude. Meskipun diluar sana banyak terlihat mahasiswa yang nggak niat kuliah, hobi nongkrong, jarang ngerjain tugas, sering tipsen (Titip absen). Tanpa mereka bicara, ya mereka pasti ada secuil keinginan untuk mendapat IP cumlaude, dengan pikiran “Siapa tau keberuntungan sedang berpihak padaku.”

Ya punya harapan tinggi itu bagus, tapi percuma kalau cuma punya harapan tinggi, nggak ada usaha, nggak ada niat, nggak serius, males-malesan. Sama aja bohong namanya itu.

Disisi lain banyak mahasiswa khawatir dan kesusahan selama menjalani perkuliahan. Pasalnya mereka sedang berada dibawah tekanan untuk ingin mendapatkan IP cumlaude yang notabene terbilang susah. Padahal sebenarnya mendapat IP cumlaude itu tidak sesusah yang dibayangkan. Berikut adalah cara-cara simpel tapi ampuh untuk dapetin IP cumlaude:

1. Rajin kuliah, tentu saja!

Eits… untuk kamu yang memang benar-benar mau dapet IP cumlaude jangan mudah skip kuliah ya. Kenapa? Karena penilaian bukan cuma soal akademis, emosional juga jadi bahan penilaian loh. Kalau kamu semudah itu skip kuliah, berarti secara emosional kamu dianggap kurang beretika. It’s okay lah kalau skip kuliah karena sakit, tapi kalo alfa? Jangan ya!

2. Perhatikan dosen saat memaparkan materi, jangan ngobrol sendiri

Please ya, jangan pernah abaikan yang satu ini. Baik kamu cocok ataupun enggak sama cara dosenmu mengajar, kamu tetep wajib perhatiin beliau berbicara. Sebagai generasi milenial yang keren, menjunjung tinggi etika itu penting ya! Masa kamu mau nilai tinggi eh malah nggak menghargai, sebenarnya kamu mengharap nilai dari siapa ya? Siapa yang tahu kan, bisa jadi dosen yang kamu perhatikan itu juga memperhatikanmu. Beliau merasa dihargai, jadilah deh kamu dapet poin plus (A) hehe.

3. Aktif bertanya, kalau memang kamu tidak tahu tentang materi kuliah

Dosen biasanya menilai dari sisi keaktifanmu dalam kelas loh. Rajin bertanya contohnya. Dosen punya penilaian, yang berani bertanya berarti dia memiliki rasa ingin tahu tinggi dimana berarti dia tergolong anak yang cerdas. Jadi kalau nggak tau, jangan malu bertanya ya!

4. Dekati dosenmu, biar kamu juga semakin tahu

“Dekati” dalam artian positif ya. Perhatikan dosenmu, kalau bisa bantu beliau jika terlihat sedang dalam kesulitan. Membawakan berkas-berkas, menyapa dengan ramah dan sopan saat berpapasan, bertutur kata yang baik, menghargainya, dan segala macam perilaku positif. Secara tidak langsung dosen akan terkesan dan mengingat kebaikanmu. Dapet deh nilai A hehe.

5. Rajin belajar, gak ada orang bisa pintar dalam semalam

Cara yang satu ini sih sudah menjadi rahasia umum. Ya mau gimana lagi, namanya juga perjuangan dapat IP cumlaude, butuh pengorbanan memang. Harus rajin belajar yang dimana artinya mengurangi waktu santai, bermain, bahkan sampai waktu istirahat. Toh itu akan sangat menguntungkanmu, ada kuis ok, uts siap, uas apalagi. Iya nggak? Dan tenang, lelah yang kamu rasakan karena giat belajar pasti terbayarkan dengan rasa bahagia karena dapat apa yang kamu impikan. So keep strong yha!

6. Rajin beribadah

kamu pasti sudah tahu kan, selain belajar (usaha) harus diimbangi dengan berdoa juga. Benar memang kamu sudah berusaha sangat keras tapi untuk hasil itu bukan kuasa kamu. Tuhan yang menentukan, pantaskah kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan saat ini atau kamu akan lebih membutuhkannya nanti.

7. Minta doa restu orangtua

Biaya kuliah kamu nggak murah, biaya hidup kamu apalagi, jadi jangan sekali-kali kamu lupa untuk ngebahagiain orang tua. Mereka kerja banting tulang demi kamu bisa dapat pendidikan tinggi, bisa mengharumkan nama baik diri sendiri dan keluarga. Orang tuamu sebegitu inginnya melihatmu tidak direndahkan oleh orang lain karena memiliki pendidikan yang minim. Jadi wijudkan harapan orang tua, hadiakan IP cumlaude mu untuk orang yang begitu berjasa dalam hidupmu!

Semangat berjuang kawan! Jangan mudah menyerah ya! Apapun hasilnya, percayalah bahwa itu yang terbaik untukmu!

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar