Ini 7 Cara Pengajaran Bahasa Inggris Termudah dan Paling Kekinian

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Bunda Sahabat NetMedis. Pendidikan adalah salah satu fokus utama di Indonesia yang perlu ditingkatkan, tapi banyak pihak merasa perkembangan teknologi informasi menghambat kualitasnya. Padahal jika kita gak berusaha melawan perkembangan zaman dan mencoba mengalir bersamanya dengan mengambil positifnya, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

IDN Times mengadakan wawancara dengan Greg Kessler, peneliti dan dosen ahli dari Ohio University, dan beliau bersedia memaparkan kekhawatiran pendidikan di hampir semua tempat yang gak sejalan dengan teknologi. Melalui penjelasannya di KonJen AS Surabaya pada hari Selasa, 13 Februari 2018, ia menunjukkan 7 cara pengajaran Bahasa Inggris termudah dan paling kekinian!

1. Wikipedia

Dibandingkan ensiklopedi cetak, Wikipedia bisa memiliki tingkat keakuratan lebih tinggi lho. Itu karena Wikipedia bebas direvisi setiap saat agar up-to-date. Nah, masih banyak lho hal yang perlu direvisi di Wikipedia dan bisa sekalian dijadikan ajang menguji skill bahasa inggris kamu atau murid-muridmu.

2. Google Maps dan Google Trends

Kamu bisa memberikan penilaian dan testimoni pada Google Maps dan murid-muridmu pun bisa melakukannya untuk sekalian melatih Bahasa Inggris. Untuk bisa membahas sesuatu yang kekinian dalam rangka melatih percakapan, kamu bisa menggunakan Google Trends. Sesuaikan dengan topik bahasan yang disukai oleh muridmu.

3. Younglish (Youtube+English), Englishclass101 atau Playpostit

Saat ini ada banyak fasilitas pengeditan video yang langsung bisa digunakan sebagai soal pembelajaran. Misalnya video bisa dipause dan disisipkan soal pilihan ganda mengenai videonya. Kamu bisa menggunakan video film, iklan maupun musik. Ini cara yang efektif karena banyak anak zaman now yang belajar efektif melalui Youtube.

4. Amazon, eBay dan marketplace serupa

Di dalam marketplace yang disebutkan atau semacamnya, ada banyak banget produk yang tersedia. Kita pun bisa bebas memberikan penilaian serta testimoni. Cara ini akan melatih bahasa inggris kita dengan lebih efektif dan aplikatif.

5. Pembuatan komik berdasarkan kesukaannya

Ada banyak aplikasi, software maupun web gratis yang memungkinkanmu atau muridmu membuat komik mereka sendiri. Berbagai template menarik tersedia, sehingga mudah tinggal memasukkan skenario. Muridmu akan sangat senang dengan cara ini, apalagi jika mereka yang jadi tokoh pahlawan utamanya.

6. Memainkan game terkustomisasi, seperti semacam minecraft

Berbeda dengan game pada umumnya, yang mengharuskan pemainnya menyelesaikan misi yang sudah disediakan, game semacam minecraft menuntut pemainnya untuk membangun dunia permainan mereka juga dan berdiskusi dengan sesama pemain lainnya. Bahasa inggris kamu atau muridmu akan sangat aktif digunakan di sini, apalagi melalui komunikasi langsung di dalam permainan.

7. Menerapkan Augmented Reality (AR) dalam pengajaran

Sudah tersedia banyak sekali aplikasi yang memfasilitasi AR pada hampir semua bidang pengetahuan. Masalahnya, kebanyakan masih dalam Bahasa Inggris. Positifnya, itu bisa menjadi ajang pembelajaran bidang yang bersangkutan sekaligus menjadi wadah belajar Bahasa Inggris.

Jika kita bersahabat dengan perkembangan zaman, akan terasa lebih enteng dan menyenangkan kan? Cara-cara di atas terbukti efektif dan sudah diterapkan oleh Mr. Kessler kok. Jadi tunggu apa lagi?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar