7 Tips Efektif Untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

listening-music

Hai Sobat Icampus! Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, salah satunya dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Studi ilmiah yang dilakukan Suzanne L. Medina (2002) menunjukkan bahwa musik dapat membantu pembelajar bahasa kedua memperoleh kosakata dan tata bahasa, meningkatkan ejaan, dan mengembangkan keterampilan linguistik dalam membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Bagi sebagian besar orang termasuk kamu pasti berpendapat bahwa mendengarkan musik dan menyanyikan lagu adalah hal yang menyenangkan sehingga dapat membuatmu santai dalam lingkungan belajar yang potensial dan lebih mudah menerima pembelajaran.

Bagi kamu yang terinspirasi untuk menekuni belajar bahasa Inggris lewat lagu, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk membantu kamu terus belajar bahasa Inggris dengan lagu.

1. Kunci utama sebelum memulai adalah kamu harus santai

Meskipun tujuan kamu mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, jangan membuat pikiran itu membuatmu cemas dan tidak nyaman mendengarkan lagu. Kamu harus santai dan menikmati lagu sebisa mungkin. Sebelum mendengarkan lagu, kamu bisa memposisikan diri ke posisi yang kamu anggap nyaman atau bahkan menyiapkan cemilan dan minuman untuk mendengarkan lagu.

2. Menemukan situs yang tepat untuk menemukan lagu

Untuk menemukan lagu-lagu berbahasa Inggris, kamu bisa mengunjungi digital platforms seperti situs berbagi video YouTube, DailyMotion, Vimeo dimana beberapa video musik lagu diberi subtitle lirik lagunya. Jika kamu tidak membutuhkan subtitle lagu, kamu bisa menemukan lagu-lagu di layanan musik digital seperti Spotify, iTunes, atau SoundCloud. Pokoknya senyaman kamu biasanya mendengarkan lagu ya!

3. Memilih lagu yang tepat

Tidak ada gunanya belajar bahasa Inggris melalui lagu jika kamu tidak terlalu menikmati lagu yang kamu dengar. Oleh karenanya, pilihlah lagu yang kamu sukai. Tidak hanya itu, kamu juga harus mampu menemukan lagu dengan bahasa yang tepat, bahasa yang tidak terlalu mudah ataupun sulit untuk dipahami, dan umum digunakan. Hal lain yang harus diwaspadai adalah kadang-kadang beberapa penyanyi memiliki pelafalan lagu yang mungkin kamu anggap kurang jelas.  Ketika kamu sudah terbiasa mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu bisa mencoba banyak genre lagu bahasa Inggris yang lebih beragam untuk mendapatkan lebih banyak kosakata.

4. Usahakan kamu mencerna lirik lagu terlebih dahulu tanpa melihat liriknya

Dalam praktiknya, usahakan terlebih dahulu mencerna lirik dan makna lagu sebelum kamu melihat lirik lagu sebenarnya. Ketika kamu tidak paham kosakata yang kamu dengar, kamu bisa mengulang bagian lagu tertentu hingga kamu menyerah. Meskipun sulit, cara ini ampuh melatih kemampuan mendengar kosakata bahasa Inggris dan lama-kelamaan kamu akan terbiasa mendengarkan lirik lagu berbahasa Inggris.

5. Pelajari arti dan pelafalan kosakata lagu

Selain mencerna makna lagu, sangat penting juga untuk meninjau kosakata dengan mencoba menguasai kosakata tersebut menjadi bagian dari kosakata kamu, misalnya mencatat kosakata baru yang kamu peroleh dan berlatih membuat kalimat lain dengan kosakata yang kamu temukan dari lagu yang kamu dengar. Untuk melatih pengucapan, kamu bisa bernyayi sambil mendengarkan lagu agar kamu mengingat kosakata baru tersebut dan terbiasa mengucapkannya.

6. Cobalah bernyanyi dengan menghafal lagu

Setelah berkali-kali mendengarkan lagu, kamu pasti akan mulai dapat menghafal lirik lagu. Tahap selanjutnya adalah cobalah menyanyikan lagu tanpa melihat liriknya. Kegiatan ini akan melatihmu mengingat kosakata yang kamu dengar sehingga kata-kata tersebut dapat kamu gunakan dipercakapan sehari-harimu.

7. Meninjau secara berkala

Kamu tidak perlu mempelajari lagu secara sempurna untuk dapat pindah ke lagu lainnya. Bahkan, ketika kamu merasa nyaman dengan satu lagu maka sebaiknya kamu pindah ke lagu lainnya dan setelah beberapa waktu berlalu kamu dapat kembali ke lagu pertamamu. Kegiatan ‘pengulangan lagu berjarak’ ini terbukti lebih efektif untuk belajar bahasa Inggris lewat lagu dibandingkan mencoba mempelajari lagu hingga sempurna sekali waktu.

Mudah untuk dilakukan bukan? Yuk, putar lagu bahasa Inggris favoritmu dan pelajari liriknya!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar