5 Cara Agar Skripsimu Tetap Berguna Pasca Lulus Kuliah

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat Icampus! Menjadi sebuah keresahan tersendiri kala melihat lemari-lemari ruang jurusan atau perpustakaan kampus dipenuhi karya tulis berupa skripsi, tesis dan sejenisnya. Mengapa? Sebab, tulisan tulisan tersebut hanya tersusun rapi dan sekadar menjadi pajangan. Meski di lain waktu, deretan kitab tebal itu sesekali digunakan sebagai referensi untuk bahan penelitian lanjutan para junior.

Jika sudah bertumpuk sedemikian banyaknya, ke manakah muara mereka? Sangat dikhawatirkan jika skripsi-skripsi lama malah berakhir di tong sampah atau tempat pembakaran sampah. Padahal, gagasan di dalamnya sangat mahal. Ia ditulis dengan penuh pertimbangan, pengorbanan dan kerja keras. Sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan bijaksana oleh pihak kampus maupun penyusunnya.

Nah, sebaiknya kamu juga persiapkan tugas akhir yang bisa dimanfaatkan di masa pasca kampus. Yuk, simak trik-trik berikut ini!

1. Berpotensi dijadikan sebagai buku atau artikel populer

Menulis adalah satu di antara cara tepat mencegah kepikunan. Menulis juga merupakan rekreasi berpikir yang sangat baik untuk otak. Tetaplah menulis sekalipun kamu sudah lulus dari kampus. Narasikan kembali gagasan-gagasan dari paradigma skripsi dan kaitkan dengan kondisi kekinian.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa menulis artikel untuk media cetak atau digital. Tulislah sebanyak mungkin hingga berpotensi dijadikan buku. Hal itu bukan tidak mungkin kamu lakukan mulai sekarang.

2. Mengangkat masalah yang bikin kamu bersemangat menggali solusinya

Pilihlah permasalahan atau judul penelitian yang membuatmu semangat untuk menggali solusinya. Artinya, kamu tidak sekadar ingin cepat lulus. Tapi, kamu juga memilih atas dasar ingin bersemangat dalam proses penulisan dan penelitiannya. Biasanya, semangat berhubungan dengan passion atau kompeten yang kamu miliki.

Misalnya, kamu sangat passionate di bidang desain grafis dan kuliah di jurusan keguruan. Kamu menilai siswa sulit konsentrasi dan mudah bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini juga ditemukan pada siswa di kelas lain secara paralel.

Nah, dengan kompetensi yang dimiliki, kamu bisa menggunakannya untuk menemukan cara tepat untuk mengatasi problem siswa tersebut. Menuangkannya dalam bentuk penelitian sekaligus tugas akhir tidaklah buruk. Hasil penelitian tersebut bisa kamu terapkan saat menjadi guru di sekolah maupun bimbingan belajar.

3. Bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis

Ide bisnis dari skripsi? Mengapa tidak? Bahkan, ini merupakan ide yang brilian. Ketimbang dilupakan setelah sidang bersama dosen penguji, lebih baik digunakan sebagai ide bisnis dan komersial. Hal itu akan mendorongmu lebih serius menulis skripsi dan mempersiapkan keterampilan enterpreneurship di fase pasca kampus.

Ide bisnis ini bisa berasal dari produk penelitian yang telah dibuat. Misalnya, media pembelajaran untuk jurusan keguruan dan olahan pangan alternatif untuk jurusan di pertanian.

4. Kembangkan judul dan tema yang segar atau kekinian

Konten yang happening atau kekinian juga bisa kamu manfaatkan untuk judul penelitian skripsi. Misalnya, buku atau novel best seller selama 5 tahun terakhir. Umumnya, topik ini bisa diangkat oleh jurusan sastra dan bahasa Indonesia maupun asing.

Selain menumbuhkan minat baca, penelitian tentang buku atau novel best seller juga membuka peluang lain berupa edukasi nilai moral dan bahan pelajaran untuk kelas menulis di komunitas.

5. Dapat digunakan untuk kepentingan pekerjaan

Bahkan, skripsi pun dapat dimanfaatkan untuk dunia kerja. Banyak aspek dari karya tulis yang bisa digunakan, seperti kaidah penulisannya yang harus memenuhi Ejaan Bahasa Indonesia, prosedur penelitian sesuai metode ilmiahnya, data penelitian, hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan (misalnya, pengembangan media atau bahan ajar). Akan sangat menyenangkan jika hasil skripsi atau penelitian diterapkan ke profesi yang linear atau cocok.

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar skripsi yang kamu tulis tidak sia-sia. Tertarik mencoba?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar