Jangan Pusing, Ini 9 Cara Efektif Biar Jago Pelajaran Baru

nilai-a

Belajar ternyata bukan hanya milik para siswa saja guys. Ya, belajar adalah ‘tugas’ bagi setiap orang karena belajar dapat meningkatkan selfgrowth dan juga profesionalisme di dalam dunia kerja.

Untuk dapat menguasai pelajaran, materi, atau hal baru tentu saja tidak ada trik sulap selain harus belajar, betul kan? Lalu bagaimana cara mempelajari sesuatu dengan cepat, dan efisien?

Menjadi pembelajar cepat (fast learner) adalah penting. Ketika menjadi seorang siswa kamu dituntut untuk dapat menguasai materi baru yang banyak dan harus lulus ujian. Begitu juga ketika seseorang dihadapkan pada profesionalisme kerja, mereka dituntut untuk dapat menguasai hal baru dengan cepat.

Untuk itu, yuk simak 9 cara efektif mempelajari hal baru dengan cepat.

1. Harus fokus, jauh-jauhlah dari smartphone!

Persoalan mengenai fokus dalam belajar merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh seorang siswa atau pembelajar, apalagi di era digital seperti sekarang.

Era digital adalah ‘noisy’. Pada era ini banyak sekali hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam belajar, sebut saja chattingbrowsinggamestreaming, dan juga sosial media. Untuk itu, jika ingin menjadi pembelajar cepat (fast learner) kamu harus bisa membagi waktu dan konsentrasi.

Nah, bagaimana caranya mengurangi distraksi dalam belajar? Cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat memecah konsentrasi seperti internet, smartphone, televisi, dan sebagainya.

Selain itu jika kamu merasa susah untuk berkonsentrasi, hindari cara belajar multitasking. Cara multitasking akan lebih membebanimu karena menuntut konsentrasi lebih. Belajarlah sedikit demi sedikit, fokus, dan yang penting adalah konsisten.

2. Memiliki perencanaan dalam proses belajar

Dalam proses belajar kamu harus memiliki rencana dan tujuan. Sebagai contoh, kamu akan mempelajari materi pelajaran matematika yang baru. Supaya tidak berat, cobalah untuk breakdown materi yang sedang kamu pelajari.

Sebagai contoh pada hari Senin-Selasa targetmu adalah menguasai konsep dalam bab 1 dan hari Rabu-Kamis mengerjakan latihan soal bab 1. Begitu seterusnya sampai materi yang ingin dipelajari dapat diselesaikan dan dikuasai dengan baik.

3. Gunakan kesempatan dengan baik

Di era seperti sekarang ini, belajar tidak hanya dengan textbook saja. Kamu bisa menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajarmu seperti ebookaudiobookvideo, maupun smartphone. Pergunakan waktu dengan efektif ya.

4. Memiliki ketertarikan terhadap hal yang dipelajari

Sebagai seorang pembelajar, tentunya harus paham dengan apa yang sedang dipelajari dan apa tujuan dari pembelajaran tersebut. Dengan memahami hal tersebut, maka kamu akan memiliki keyakinan diri dan motivasi untuk belajar.

5. Cukup tidur

Tidur bisa mengistirahatkan fisik dan pikiranmu lho. Khasiat dari tidur juga banyak seperti meningkatkan daya berfikir, daya konsentrasi, dan kemampuan kerja. Untuk itu cukupkan tidurmu. Jangan lelah dan stres ya, rileks aja guys.

6. Olahraga teratur

Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan aktifitas otak, dan memori. Selain itu, olahraga juga dapat menstimulus tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan kesehatan mental karena meningkatkan rasa bahagia.

Dengan tubuh yang sehat dan segar maka proses belajar dan mengingat menjadi lebih mudah.

7. Buat catatan penting

Tulislah catatanmu. Kamu bisa menulis ulang materi pelajaran dengan kata-katamu sendiri agar lebih mudah dipelajari dan diingat.

Satu lagi guys, kamu juga bisa mencoba cara lawas ini. Apa itu? Ya, kamu bisa menuliskan catatan penting belajarmu pada kertas notes atau postit kemudian letakkan atau tempel di tempat-tempat yang sekiranya tidak luput dari aktivitas dan pandanganmu. Misal di depan monitor komputer, laptop, cermin, pintu lemari, meja belajar, dan tempat-tempat lain yang kamu anggap penting.

Dengan cara seperti itu, secara tidak sadar kamu akan terus mengingat dan belajar.

8. Jangan terlalu terpaku pada gaya belajar, yang penting adalah konsep dalam belajar

Tidak perlu terlalu terbebani dengan gaya belajar ya guys, seperti audiotoryvisual, atau kinesthetic. Carilah metode yang nyaman dan sesuai dengan apa yang sedang dipelajari.

Sebagai contoh kamu sedang belajar membuat kue, meskipun saat ini kamu nyaman dengan membaca buku resep tetapi untuk hal practical semacam ini lebih baik belajar menggunakan video daripada membaca buku.

Jadi jangan terpaku dengan metode ya, cari metode yang sesuai dengan apa yang sedang dipelajari. Hal ini akan mempermudah proses belajar dan memahami.

9. Konsisten dan rutin belajar

Luangkan waktu untuk rutin belajar ya, meskipun hanya hitungan menit. Dengan belajar rutin, kamu tetap on track dan motivasimu juga terjaga.

Selain itu belajar secara rutin dan konsisten membuatmu terhindar dari rasa lelah dan berat. Belajar rutin adalah cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan belajar.

Nah, itu tadi 9 cara untuk dapat menjadi fast learner dan menguasai pelajaran dengan cepat. Kamu sudah mencoba nomor berapa?

Jangan malas ya guys, karena suatu saat kamu pasti akan memetik hasil dari belajarmu.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar