Biar IPK Maksimal, Ini 7 Trik Mendapatkan Nilai Kuliah Sesuai Harapan

1417473shutterstock-153929321780x390

Hai Sobat Icampus! Nilai akademis memang bukan segalanya. Tapi, bukan berarti hal tersebut lantas membuatmu menyepelekan nilai akademismu. Apalagi jika kamu sudah kuliah. Cobalah pergunakan waktumu sebaik mungkin agar masa mudamu bisa bermanfaat dengan baik.

Nah, buat kamu yang masih sering kesulitan mendapatkan nilai kuliah sesuai ekspektasi, coba deh ikuti ketujuh trik di bawah ini.

1. Kenali cara belajar efektifmu

Apakah kamu tim visual atau tim audio? Jika kamu tim visual, berarti kamu lebih cocok belajar dengan cara membaca. Tapi, kalau kami tim audio, berarti kamu lebih cocok belajar dengan cara mendengarkan.

Buat tim visual, biasanya kamu akan lebih senang membaca materi langsung dari buku daripada mendengarkan dosen berbicara. Kalau begitu, biasain deh membaca modul kuliahmu, sebelum dan sesudah dijelaskan oleh dosen.

Sementara untuk tim audio, berarti kamu lebih senang menerima penjelasan dari dosen secara lisan. Kamu bisa belajar dari video-video atau bahkan kamu bisa merekam suaramu sendiri yang sedang membaca materi kuliahmu, lalu dengarkan kembali rekaman tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kamu bisa mendengarkan musik, alunan ayat-ayat kitab suci atau suara-suara alam atau melodi musik, yang bisa membantumu meningkatkan konsentrasi belajar. Pokoknya cobalah cari cara yang paling efektif agar kamu mudah memahami pelajaran.

2. Belajarlah sejak sebelum masa kuliah dimulai

Idealnya, jika kamu benar-benar ingin mendapatkan nilai yang sesuai dengan harapanmu, maka kamu harus belajar saat libur kuliah atau sebelum waktu perkuliahan dimulai.

Agar saat kelas telah dimulai, kamu bukannya baru mulai membaca dan mencoba mempelajari materi. Melainkan, kamu bisa langsung menanyakan kepada dosen perihal materi yang belum bisa kamu pahami sendiri.

3. Buatlah rangkuman

Dalam ilmu psikologi dikatakan bahwa dalam proses belajar, kita harus menggunakan memori jangka panjang, bukan memori jangka pendek.

Maka dari itu, untuk membuat ingatanmu lebih tajam, cobalah untuk mengulang kembali setiap materi kuliah yang telah kamu pelajari dengan cara membuat rangkuman. Hal ini akan membantu menguatkan memorimu mengenai materi kuliah tersebut.

4. Mulailah belajar menggunakan nalarmu, bukan sekedar menghapal materi

Ini dia nih kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan mulai dari sekarang. Belajar itu bukan hanya tentang menghapal tetapi lebih tepatnya adalah tentang memahami. Pada sebagian pelajaran memang ada beberapa materi yang harus kamu hapal betul angka-angkanya, misalnya seperti tahun berdiri suatu organisasi atau nama-nama ilmuwan.

Tapi, hal tersebut tidak berlaku bagi pelajaran-pelajaran yang mengharuskanmu menggunakan logikamu. Maka dari itu, biasakanlah untuk menggunakan nalarmu agar setiap pelajaran bisa kamu pahami dengan baik.

5. Cari teman yang mampu memotivasimu untuk tetap semangat belajar

Teman itu sangat mempengaruhi dirimu. Kalau kamu ingin menjadi anak yang rajin, maka bertemanlah dengan orang-orang rajin. Percayalah, dengan banyak dukungan dari orang lain, kamu akan semakin kuat dan semangat untuk meraih mimpi-mimpimu.

6. Jangan sungkan untuk bertanya kepada teman atau kakak senior, yang ahli di suatu mata kuliah yang menurutmu sulit

Terbatasnya waktu belajar di kelas memang kadang tidak memungkinkanmu untuk terus bertanya kepada dosen saat ada materi yang belum bisa kamu pahami. Untuk itu, kamu harus pantang menyerah. Kamu juga harus bisa berpikir kreatif.

Kamu bisa browsing di internet atau bahkan bertanya kepada teman dan atau kakak seniormu di kampus yang sekiranya telah memahami dengan baik materi kuliah tersebut.

7. Siasati mata kuliah yang menurutmu paling sulit dengan mengejar nilai terbaik pada mata kuliah yang menurutmu lebih mudah

Jika memang ada satu mata kuliah yang tetap tidak dapat kamu pahami dengan baik, meskipun kamu telah mencobanya dengan sungguh-sugguh, maka ada baiknya kamu mengambil jurus terakhir ini.

Yakni, relakan saja mata kuliah yang memang tidak dapat kamu pahami dengan baik itu. Dan cobalah siasati dengan menguasai satu mata kuliah lainnya yang sekiranya telah kamu pahami dengan baik. Upayakan agar mata kuliah yang kamu kuasai itu bisa mendapatkan nilai A. Sehingga bisa menutupi kekuranganmu pada mata kuliah yang tak bisa kamu pahami dengan baik tadi.

Nah, itulah beberapa trik dan tips yang bisa kamu lakukan agar nilai kuliahmu sesuai dengan harapanmu. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan memulai belajar dan saat akan ujian.

Sebab, seberapapun keras usahamu untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, semua itu tidak akan dapat terjadi tanpa seizin Tuhan. Yuk tingkatkan semangat untuk terus belajar. Semoga berhasil!

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar