5 Cara yang Bisa Diterapkan Agar Selalu Konsentrasi dalam Belajar!

pers-1

Dalam belajar suatu materi atau pelajaran tentunya kita memerlukan trik atau taktik supaya bisa memahaminya. Namun agar kita paham tentunya kita harus berusaha berkonsentrasi. Perihal konsentrasi pastinya tak bisa terjadi sembarangan saja perlu waktu dan tempat yang mendukung. Ini lima tips yang bisa kamu terapkan agar konsentrasi dalam belajar, yuk lakukan!

1. Saat fokus jangan membuka gadget atau game karena hanya akan membuatmu malas

Ketika sedang fokus dalam belajar, usahakan jangan pernah membuka gadget atau bermain game karena hanya akan membuat fokus kita teralihkan. Singkirkan gadget untuk sementara dan fokuslah dalam belajar!

 

2. Carilah tempat yang nyaman untuk belajar yang jauh dari kebisingan

Agar mampu menyerap materi pelajaran, tentunya diperlukan tempat yang mendukung yang jauh dari kebisingan. Tempat yang paling pas untuk belajar tentunya perpustakaan atau kamar pribadi yang sepi. Dengan didukung oleh tempat pastinya kamu akan lebih berkonsentrasi dalam belajar.

3. Dengarkan musik agar konsentrasimu meningkat

Beberapa orang yakin bila musik mampu membuat konsentrasi otak menjadi meningkat. Kamu bisa mendengarkan musik yang lambat agar otakmu lebih berkonsentrasi dan kamu mampu menyerap pelajaran dengan baik.

4. Istirahat sesaat saat sedang lelah karena otakmu pun takkan menyerap pelajaran saat lelah

Kalau memang lelah, jangan paksakan untuk terus belajar karena akan percuma saja. Istirahatkan otak sejenak sampai benar-benar siap kembali dan kamu bisa belajar lagi. Lebih baik belajar sedikit namun langsung diserap otak daripada belajar banyak namun tak satupun masuk ke otak.

5. Tidur yang cukup agar meningkatkan konsentrasimu

Semua itu akan sia-sia saja bila kamu selalu begadang sehingga otak kurang beristirahat. Tidurlah yang cukup agar konsentrasi dan daya kerja otak bisa meningkat kembali. Jangan pernah sepelekan soal tidur karena istirahat yang paling baik itu adalah tidur.

Selain lima hal di atas, yang perlu kamu latih juga adalah moodmu sebelum mulai belajar. Dengan mood yang baik, pelajaran pun pasti cepat masuk di otak.

 

 

Sumber : Alodokter.com

 

Komentar