6 Hal yang Bantu Redakan Amarahmu, Biar Tak Sampai Timbul Masalah Baru

listening-music

Hai Sobat Icampus! Dalam hidup, pasti ada saja hal yang bisa membuatmu marah –mulai dari bersenggolan dengan orang di jalan, melihat orang menyerobot antrian, sampai dibohongi pacar. Perasaan nggak senang ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Sesabar-sabarnya orang tetap saja bisa marah sebab itu sudah menjadi salah satu sikap lahiriah manusia.

Marah memang menjadi hal yang lumrah bagi manusia, tapi kemarahan mesti dikontrol sebab bisa menimbulkan masalah bagi hidupmu. Coba deh sekarang hitung berapa banyak masalah yang telah kamu selesaikan dalam hidupmu yang awalnya bersumber dari ketidakmampuanmu menahan emosi.. pasti banyak, bukan? Nah maka dari itu untuk membantumu agar kemarahanmu nggak membawa masalah baru bagi hidupmu, Hipwee akan memberikanmu 6 hal yang bisa menolongmu.

1. Tenangkan dirimu dengan mengatur napas. Tarik napas dalam-dalam lalu hempaskan pelan-pelan agar amarahmu hilang perlahan

Saat emosi degup jantungmu akan berdetak nggak beraturan dan biasanya kamu nggak bisa berpikir jernih lagi saat mengalaminya. Maka jangan heran kalau hal-hal yang kamu lakukan saat marah biasanya yang merugikanmu sebab pikiranmu sudah dikuasai oleh amarah. Sebelum hal yang nggak kamu inginkan terjadi, maka kamu mesti menanangkan dirimu dengan mengatur napasmu. tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan. Lakukan berulang sampai degup jantungmu melambat sebagaimana wajarnya.

2. Menjauh dari tempat kejadian atau orang yang membuatmu marah. Lebih baik mengalah daripada terjadi hal yang nggak diinginkan

Kalau kamu masih sayang dirimu dan nggak ingin menambah masalah baru dalam hidup maka berusahalah untuk mengontrol diri saat emosi telah memuncak. Caranya dengan menjauh dari orang yang membuatmu kesal atau lokasi di mana kamu marah. Dengan menjauh fokusmu bisa sedikit teralihkan. Ini menghindarkanmu dari tindakan yang merugikan. Lebih baik mengalah daripada kamu menyesali perbuatan yang salah karena nggak bisa menahan amarah.

3. Membasuh wajah dengan air segar juga bisa membantu mendinginkan kepala. Supaya kamu bisa menyikapi segala sesuatunya dengan jernih juga

Meski terkesan sepele, namun membasuh wajah saat sedang kesal bisa membantumu meredakan amarah. Dinginkan wajahmu yang memerah dan pikiranmu yang ruwet dengan air. Meski nggak secara langsung meredakan marah, seenggaknya air bisa membuat wajahmu segar kembali. Kesegaran inilah yang perlahan bisa meredam gejolak emosimu dalam kepala.

4. Jangan biarkan dirimu sendiri saat sedang marah. Cari seseorang yang kiranya bisa menengahi emosimu yang membara

Orang yang sedang emosi biasanya bisa berbuat apa saja, bahkan hal gila yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Maka dari itu jangan biarkan dirimu sendirian saat marah. Jangan jauh dari keramaian, jaga-jaga siapa tahu kamu lepas kendali lagi supaya ada yang menengahimu. Kalau ada teman atau mungkin pacar mungkin itu akan semakin baik. Mereka bisa menjadi pengontrol emosimu yang meledak-ledak. Kalau nggak ada, maka jangan biarkan dirimu sendirian.

5. Setelah tenang, buat dirimu kembali ceria dengan makan makanan ataupun minuman kesukaanmu. Sebatang coklat toblerone sepertinya menyenangkan

Setelah emosimu agak mereda, kamu bisa mengembalikan moodmu dengan menyantap makanan atau minuman kesukaanmu, misalnya coklat atau es krim. Menyantap makanan atau minuman kesukaan sedikit bisa membuatmu kembali tenang dan moodmu perlahan membaik.

6. Kamu yang mudah marah mungkin sedang banyak pikiran. Break sejenak dari rutinitasmu, lepaskan penat dengan berkunjung ke tempat-tempat yang membuatmu tenang

Boleh jadi kemarahanmu yang sekarang adalah buah dari banyaknya hal yang kamu pikirkan. Maka nggak ada salahnya untuk break sejenak, lakukan refreshing atas pikiranmu yang sedang ruwet itu. Berkunjung ke tempat syahdu mungkin bisa jadi jawaban atas masalahmu. Redakan kepenatanmu dengan mendengarkan suara alam; kicau burung, desir ombak, dan siut angin. Lepaskan segala yang mengganjal dalam dada dengan memandang lautan yang luas, pepohonan rindang, dan langit yang membentang. Lalu kembalilah beraktivitas seperti sedia kala.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan saat marah. Lakukan kontrol diri agar emosi nggak membawa masalah baru dalam hidupmu.

 

 

Sumber : Hipwee.com

Komentar