5 Tips untuk Mahasiswa Baru Sebelum Memasuki Dunia Perkuliahan

classroom

Peralihan dari masa SMA menuju dunia perkuliahan memberikan kesan yang berbeda-beda bagi setiap orang yang melewatinya. Dunia perkuliahan terkenal dengan kemandiriannya yang tentu saja sangat berbeda dengan masa-masa SMA. Berikut tips menghadapi dunia perkuliahan untuk kamu yang baru saja berstatus mahasiswa baru.

1. Catat tanggal penting jadwal perkenalan kampus
Mayoritas kampus di Indonesia mengadakan masa perkenalan kampus pada setiap periode penerimaan mahasiswa baru. Untuk kamu yang baru saja menyandang satus mahasiswa baru, jangan lupa mencatat tanggal penting jadwal perkenalan kampus. Karena masa perkenalan akan banyak memberikan informasi seputar kampus, beradaptasi dengan lingkungan kampus, kegiatan perkuliahan, tata tertib dan peraturan kampus.

2. Aktif mencari informasi
Jika masa SMA ada guru yang selalu mengingatkan, maka dunia perkuliahan menuntut kemandirian. Kamu dituntut untuk aktif mencari informasi sendiri. Kamu bisa mencari informasi perkuliahan melalui website kampus, majalah dinding, dan aktif bertanya pada senior.

3. Belajar mengenal orang asing di kehidupan perkuliahan
Salah satu kunci kemudahan di awal perkuliahan adalah dengan membuka diri pada siapa saja. Mengenali senior dan teman-teman satu angkatan akan membantu kamu untuk menyerap lebih banyak informasi dan pengalaman. Dekat dengan senior juga akan memberikan gambaran perkuliahan yang akan kamu jalani.

4. Persiapkan mental dan fisikmu
Tidak sedikit mahasiswa baru yang merasa khawatir dan cemas ketika masuk ke dunia perkuliahan. Rasa khawatir yang dibiarkan tanpa dkenali akan membuat stress yang berlebihan. Oleh karena itu, persiapkan mental dengan meyakinkan diri bahwa kamu bisa memulai perkuliahan dengan baik. Tidak lupa menjaga kesehatan fisik dengan mengonsumsi asupan bergizi dan tidur yang cukup.

5. Kembangkanlah soft skill-mu
Pada dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan berbagai jenis organisasi yang bisa kamu ikuti, seperti Himpunan Mahasiswa, Komunitas Pecinta Alam, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan masih banyak lagi organisasi yang bisa kamu ikuti. Mengikuti organisasi akan sangat berguna untuk mengembangkan soft skill. Kamu akan belajar menyiapkan sebuat event, menjadi panitia dan terlibat di dalam berbagai kegiatan.

Kampus bukan hanya sekedar tempat menimba ilmu akademis dan mengejar gelar, tetapi juga tempat untuk mengembangkan kepribadian dan bersosialisasi. Setiap pengalaman yang kamu miliki di kampus akan menunjang kamu untuk masuk ke dunia pekerjaan. Karena itu, nikmatilah sebanyak mungkin kehidupan kuliahmu!

Sumber: Idntimes.com

Komentar