5 Sikap yang Perlu Dipahami Mahasiswa Saat Bertemu Dosen

classroom

Menjadi seorang mahasiswa tentunya memiliki tanggung jawab besar. Baik itu dalam hal akademik maupun etika. Etika sangat penting dalam dunia perkuliahan. Mahasiswa dituntut memiliki etika dan sopan santun yang baik terhadap semua orang. Tidak terkecuali terhadap dosen.

Dengan seringnya pertemuan dengan dosen, tentu ada beberapa sikap yang perlu kamu pahami sebagai mahasiswa ketika bertemu dengan dosen. Simak yuk.

1. Ketika berpapasan cobalah sapa, jangan bersikap acuh
Menyapa adalah hal yang paling utama ketika bertemu dengan dosen. Dari sini bisa terlihat bahwa kamu adalah orang yang terbuka dan ramah terhadap orang lain. Hal tersebut juga bisa menambah nilai lebih dirimu di mata dosen.

2. Berikan senyuman
Selain sapaan yang hangat. Senyuman yang tulus bisa kalian berikan terhadap dosenmu saat bertemu. Apapun sifat dosenmu baik sifatnya yang terkenal killer, jutek ataupun sering acuh. Kita sebagai mahasiswa harus menunjukkan karakter positif dalam keadaan apapun. Jadi, cobalah berikan senyuman paling tulusmu.

3. Bersikaplah ramah
Sikap yang hangat dan ramah tentu sangat disukai para dosen. Mahasiswa harus pandai membawa diri dimanapun ia berada. Tidak hanya baik dan ramah terhadap sesama mahasiswa. Dengan dosen pun tentu akan sangat dianjurkan untuk bersikap ramah.

4. Jika kamu cukup dekat dengan dosenmu, ajaklah berdiskusi baik hal akademik maupun hal yang bersifat positif
Jika kamu sudah cukup mengenal dosenmu dan terbilang dekat. Kamu bisa saja mengajaknya diskusi. Bisa berbagai hal dari mulai akademik, permasalahan kuliah bahkan hal-hal yang menyangkut pertemanan diperkuliahan kamu bisa meminta saran mereka.

5. Jangan sekalipun bersifat tidak sopan
Hal ini wajib diketahui semua mahasiswa. Para dosen akan selalu ingat kelakuan para mahasiswa yang bersikap tidak sopan terhadap dirinya. Walaupun jumlah mahasiswanya banyak, hal negatif tentu akan lebih teringat dan membekas di hati dosen. Jangan sekali-kali berlaku tidak sopan ya.

Etika tentu penting dalam dunia perkuliahan. Sebagai seorang mahasiswa, karakter tersebut tentu harus ditanamkan di dalam diri masing-masing. Jadi, kamu tentu bisa menerapkan hal di atas. Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Komentar