6 Cara Luwes Bicara Untukmu Introvert Sejati. Biar Makin Percaya Diri!

directory-introvert-kaosnya-mahasiswa-dan-pemuda-indonesia-1432717042

Berbicara merupakan kebutuhan setiap manusia, disadari atau tidak kita tidak mungkin tidak berkomunikasi satu sama lain, hampir setiap saat kita akan berinteraksi dari membahas hal-hal yang tidak penting sampai hal yang penting. Berbicara di depan umum atau sering disebut juga public speaking bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang. Hampir sebagian orang merasa malu, grogi bahkan takut untuk mengutarakan pendapat atau hal yang sebenarnya dia ingin sampaikan.

Padahal dalam setiap kegiatan, sebagai contoh kita sebagai mahasiswa erat kaitannya dengan tugas presentasi. Bahkan presentasi merupakan makanan sehari-hari untuk mahasiswa, tentunya dalam hal ini kita dituntut dapat berbicara di depan kelas untuk mempresentasikan hasil laporan yang sudah kita buat. Karena laporan tertulis saja tidak cukup mewakili yang akan kita sampaikan. Public speaking mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter atau berbicara pada khalayak ramai. Untuk mengetahui cara belajar berbicara di depan umum tentu ada tips yang mudah untuk dilakukannya :

1. Berlatih di depan cermin
Melakukan latihan di depan cermin merupakan salah satu latihan yang ampuh untuk menghindari rasa gugup saat berada di depan. Kita dapat berpura-pura mengobrol seperti apa yang kita lakukan sehari-hari. Dan teknik ini dapat melihat bagaimana cara berbicara kita dengan baik dan benar.

2. Pemilihan kosa kata
Kosa kata merupakan hal yang paling penting dalam teknik berbicara, dalam public speaking kosa kata yang baik dimana kata tersebut tidak berbelit-belit namun mengandung maksud dan tujuan yang dimengerti oleh setiap audience, jadi dalam pemilihan kosa kata kita harus selektif.

3. Percaya kepada kemampuan sendiri
Jika kita tidak percaya diri maka kita tidak akan mampu melakukan public speaking dengan baik, public speaking memang cukup sulit namun kita harus bisa meyakinkan diri kita bahwa materi yang kita sampaikan menarik untuk audience.

4. Meminta penilaian orang lain
Penilaian terhadap orang lain dapat kita lakukan sebelum kita melakukan public speaking karena kita dapat mengetahui bagaimana berbicara kita apakah sudah benar atau belum, dan penilaian dari orang lain juga dapat memberikan motivasi untuk kita atas saran-saran yang mereka beri.

5. Mempersiapkan materi semenarik mungkin
Materi merupakan hal yang paling penting dalam public speaking, jika materi yang kita sampaikan menarik dan sesuai dengan pembicaraan kita terhadap audience, tentu mereka akan lebih mendengarkan apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan. Dalam hal memilih materi tentu kita harus melihat dulu apa yang tema kita akan ambil dan siapa audience kita yang mendengarkan.

6. Berinteraksi dengan audience
Audience adalah target utama public speaking, dimana mereka dapat menilai cara berbicara kita apakah sudah benar atau belum. Dan apakah materi yang kita sampaikan dapat dicerna oleh mereka. Teknik ini juga dapat kita lakukan dengan cara berinteraksi kepada audience untuk mempermanis penampilan kita saat di depan umum.

Sumber: Hipwee.com

Komentar