7 Hal yang Harus Diantisipasi Agar Tidak Patah Semangat Saat Kuliah

Closeup hand open book for reading concept background

Kuliah adalah masa dimana sesorang mampu mengeksplorasi berbagai kemampuan yang ada di dalam dirinya. Tempat untuk belajar berbagai macam hal yang tentunya akan berguna ketika memasuki kehidupan yang sebenarnya.

Jika berkuliah tentu status mahasiswa adalah nama yang disandang untuk seseorang yang sedang menuntut ilmu di perguruang tinggi. Di balik itu semua, masa-masa ketika kuliah tentu tidak seindah yang dibayangkan ketika kamu lulus SMA.

Berbagai macam kendala tentu akan dihadapi selama masa kuliah. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu antisipasi agar masa kuliahmu tidak berujung patahnya semangat. Simak yuk

1. IP dan IPK
Hal pertama yang wajib kamu antisipasi ketika baru atau sudah berkuliah adalah nilai IP dan IPK. Kedua hal ini sangat penting bagi konsistensi semangat kamu dalam berkuliah. Cobalah untuk tetap menjaga nilai IP dan IPK mu dalam jalur yang benar.

Usahakan jangan sampai menurun. Karena jika itu terjadi, rasa sedih dan yang sering berujung pada patahnya semangat berkuliah pasti akan menghampirimu.

2. Lingkungan pertemanan
Kuliah tidak hanya soal belajar dan nilai. Lingkungan pertemanan pun sangat penting. Sebaiknya cobalah cari lingkungan pertemanan yang dapat membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan terlalu memilih dan membatasi lingkungan pertemananmu selama berkuliah. Namun cobalah menjadi pribadi yang paham baik dan buruk atas segala tindakan yang dilakukan.

Lingkungan pertemanan yang buruk tentu saja akan menyebabkan risiko hilangnya semangat kamu untuk berkuliah. Tentu itu bukanlah sikap yang baik.

3. Percintaan
Hal yang harus kamu antisipasi berikutnya agar tidak mematahkan semangatmu adalah percintaan dimasa kuliah. Cinta yang rumit dan tidak sehat tentu harus kamu hindari. Masa kuliah tidak harus kamu habiskan hanya soal cinta. Masa kuliah adalah tempat dimana kamu harus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

4. Ekonomi
Ekonomi tentu menjadi faktor pertimbangan ketika berkuliah. Walaupun ada beberapa orang yang mendapat subsidi biaya perkuliahan. Tentunya pasti ada beberapa hal yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang pribadi. Di sinilah kamu harus mengantisipasinya.

Jika kamu berniat menjadi seorang mahasiswa yang mandiri. Kamu tentu dapat memanfaatkan peluang untuk bekerja sampingan guna menambah biaya kuliahmu. Pastinya rencakan alur keuanganmu agar tidak berujung pada frustasi dan berujung patah semangat kuliah karena masalah ekonomi.

5. Jauhi gaya hidup berlebihan
Kuliah bukan ajang untuk pamer kekayaan dan gengsi-gengsian. Gaya hidup yang berlebihan perlu kamu antisipasi agar kedepannya tidak berakibat buruk pada perkuliahanmu. Cobalah menjadi pribadi yang sederhana. Kuliah tidak melulu soal gengsi namun seberapa banyak ilmu yang kita dapat agar bermanfaat di masyarakat kelak.

6. Buang rasa minder
Terkadang di perkuliahan ada tipe orang-orang yang sangat mendominasi baik dalam diskusi kelompok ataupun saat mengajukan pertanyaan. Dari hal tersebut tentu ada rasa minder pada dirimu ketika melihat orang lain sangat aktif berbicara di depan banyak orang. Hal ini harus kamu buang jauh-jauh.

Rasa minder akan menjerumuskanmu pada rasa patah semangat dalam berkuliah. Jadilah pribadi yang percaya diri tanpa harus takut salah. Selama belajar, salah adalah hal yang wajar selama kamu berusaha untuk memperbaikinya.

7. Terlalu banyak kegiatan
Ketika memasuki dunia perkuliahan. Kamu tentunya akan diperkenalkan dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan yang tidak kamu temui ketika SMP atau SMA.

Terlalu banyak kegiatan juga hal yang harus kamu antisipasi. Karena banyaknya kegiatan akan membuatmu bingung terhadap prioritas utama kamu kuliah.

Dari hal tersebut kadang banyak mahasiswa yang akhirnya hilang semangat untuk kuliah karena terlalu asyik dengan organisasi atau kegiatan-kegiatan lain di luar perkuliahan.

Ketika kalian baru menjadi mahasiswa mungkin kendala yang besar belum akan kalian rasakan. Namun tentunya semakin tinggi tingkatan seseorang maka masalah yang dihadapai tidak semudah biasanya. Jadi, tetap semangat kuliahnya ya

Penulis: M.Farid Hermawan
Sumber: Idntimes.com

Komentar