5 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamu Salah Ambil Jurusan

android-telah-di-hack-banner

Sebagai calon mahasiswa baru memang nggak gampang ya milih jurusan sebelum kamu daftar ke universitas. Kamu pasti kebingungan karena takut jurusan yang kamu ambil nggak sesuai sama bakat kamu. Intinya dalam memilih jurusan kamu harus sadar dulu ya apa sebenarnya potensi yang kamu miliki. Dan kamu harus menghindari 5 hal ini yang bisa buat kamu salah ambil jurusan!

1. Tidak memahami potensi diri
Setiap orang memiliki potensinya masing-masing ya. Dan kamu harus bisa menemukan potensi dalam diri kamu, kalau tidak kamu hanya akan terbawa arus dan tidak memiliki pendirian. Kalau udah nggak punya pendirian kayak gini, kamu akan kesulitan memilih jurusan nantinya.

2. Gengsi
Hidup itu sederhana, yang ribet gengsinya. So, mulai sekarang buang jauh-jauh deh gengsi kamu. Kamu nggak bisa ngikutin gengsi kalau untuk urusan pendidikan ya. Pendidikan itu investasi masa depan lho.
Itupun harus sesuai dengan minat dan bakat kamu, agar selama kuliah nanti kamu merasa enjoy dan nggak tertekan.

3. Ikut-ikutan teman
Jangan mentang-mentang best friend akhirnya kamu ikut-ikutan teman kamu untuk ngambil jurusan yang sama. Kembali ke poin pertama, setiap manusia diberkahi potensi yang berbeda-beda dan kamu nggak bisa memaksakan kehendak. Jika jurusan yang diambil temanmu bukanlah potensimu, kamu harus berani menolak. Temanmu pasti ngerti kok.

Jangan menganaktirikan pendidikan ya.

4. Kurang up-to-date
Sebagai generasi millennials kamu harus selalu up-to-date ya dengan perkembangan informasi masa kini. Di internet bahkan di media sosial seperti sekarang ini kamu bisa menggali informasi sebanyak mungkin tentang jurusan yang akan kamu pilih secara gratis!

5. Kuliah hanya untuk pelarian
Kalau kamu kuliah hanya untuk pelarian, kamu nggak akan mendapat keuntungan apapun dari kuliah yang akan kamu jalani. Kuliah aja hanya untuk pelarian, milih jurusan juga pasti asal-asalan alasannya “yang penting masuk kuliah dulu, kalau jurusan urusan belakangan”. Kamu nggak bisa seperti itu ya.

Kamu harus memikirkan sematang mungkin rencana jangka panjangnya. Agar saat lulus kuliah nanti kamu sudah tau mau melangkah kemana.
Tapi pada akhirnya kembali ke pribadi masing-masing ya. Mau dimanapun kamu kuliahnya, persiapkan dengan matang!

Penulis : Irma Zuha Attamimi
Sumber : Idntimes.com

Komentar