Apa Sih Penyebab IPK Menurun?

alasan-mengapa-ipk-penting-untuk-anda-ketahui-5-hal-ini

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan catatan prestasi mahasiswa selama kuliah dari semester pertama sampai semester terakhir. Nilai IPK mulai dari 1,00 sampai 4,00. Jika kalian mapu mempertahankan IPK 3,5 sampai seester akhir, kalian bisa dinobatkan sebagai mahasiswa yang berprestasi dengan predikat cumlaude. Nah untuk mempertahankan nilai itu sangatlah sulit bukan? Setelah tahu langkah jitu mendongkrak nilai IPK, maka dari itu kalian haru tahu apa saja penyebab IPK turun.

Berikut hal-hal yang bisa menjadi penyebab IPK kalian turun
1. Sering Bolos Kuliah
Kuliah adalah kunci memahami dan mengetahui materi yang diberikan dosen. Jika kalian sering bolos kuliah, secara otomatis kalian akan ketinggalan materi dan informasi-informasi dari dosen. Akhirnya kalian tidak tahu materi ujian, dan akhirnya klain menjawab asal-asalan. Itulah penyebab utama yang bisa membuat IPK turun.

2. Kecanduan Main Game
Main memang tidak dilarang, akan tetapi jika mein game disetiap saat, disegala situasi dan dimana saja berada sepertinya itu tidak baik. Saat ini banyak game yang membuat para mahasiswa kecanduan. Setelah para mahasiswa ini kecanduan dengan gamenya, mereka hanya akan memperhatikan gadget mereka saja hingga lupa belajar, mengerjakan tugas atau bahakan sampai lupa makan. Bahkan ada juga yang memainkan gadgetnya ketika didalam kelas. Materi saja tidak diperhatikan, jelas saja nilai IPK menurun.

3. Terlalu Banyak Hura-Hura
Ada mahasiswa yang lebih mengutamakan main atau kumpul bersama teman-teman daripada belajar. Bermain boleh-boleh saja, namun kalian harus bisa membagi waktu dengan tepat agar waktu belajar kalian tidak terganggu. Lagipula terlalu sering hura-hura hanya membuat kalian boros. Jadi terlalu banyak hura-hura hanya memberikan sisi negative saja.

4. Sibuk Dengan Kegiatan di Kampus
Menjadi mahasiswa yang aktif memang banyak manfaatnya. Namun jika kalian tidak bisa membagi waktu dengan baik, tentu akan mempengaruhi nilai IPK kalian. Sehingga kalian akan susah mencari waktu untuk belajar Karena terlalu sisbuk dengan kegiatan-kegiatan dikampus.

5. Putus Cinta
Hal ini mungkin bisa mempengaruhi beberapa orang, banyak mahasiswa setelah putus cinta nilainya menirun. IPK mereka turun Karena mereka sudah tidak fokus belajar lagi dan tidak bersemangan kembali.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Komentar