Ingin Lanjut ke S2? Ikuti Tips Ini Untuk Memilih Program Pascasarjana

sarjana-ijazah-wisudah_20150531_172322

Setelah lulus kuliah, apa rencana kamu selanjutnya? Mau langsung mencari kerja atau ingin melanjutkan ke pascasarjana? Mungkin kamu masih bingung menjawab pertanyaan ini. Seperti yang kamu ketahui, pendidikan tinggi itu membutuhkan banyak biaya dan waktu. Berasal dari anggapan tersebut, biasanya seseorang akan memutuskan untuk mengumpulkan modal dengan mencari kerja terlebih dahulu. Dan untuk memajukan karir, kamu harus menempuh program pascasarjana terlebih dahulu.

Bagi kamu yang sudah memiliki minat tinggi untuk melanjutkan ke jenjang S2 atau pascasarjana tetapi masih bingung untuk memilih jurusan dan univesitasnya, ikuti tips-tips berikut ini:

1. Sesuaikan dengan pekerjaan impian
Sebelum memilih jurusan, tanyakan pada diri kamu mengenai pekerjaan yang kamu impikan selama ini. Pastikan kamu mengetahui lebih dulu prospek karir setelah menyelesaikan kuliah. Mulailah menentukan tujuan pendidikan dan karirmu ke depannya. Tanyakan para para profesional di bidang yang kamu minati. Atau kamu dapat telusuri website resmi dari perguruan tinggi yang kamu tuju.

2. Membuat daftar universitas yang dituju
Gunakan internet untuk mempelajari profil universitas yang kamu tuju, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Buat perbandingan dan perbedaan dari masing-masing universitas tersebut. Misalnya dari fasilitas kampus, sistem pembelajaran, lingkungan di sekitar kampus, gaya hidup mahasiswanya, dan informasi penting lainnya. Atau kamu bisa mencari informasi tersebut dengan bertanya pada alumni dan mahasiswa universitas tersebut. Tidak masalah apabila universitas yang bagus menjadi pilihan terakhir kamu, karena yang terpenting adalah minat kamu.

3. Pilih bidang jurusan yang ilmunya berkembang
Dalam memilih jurusan S1, mungkin kamu menggunakan pertimbangan berdasarkan passion kamu. Tetapi hal itu sudah tidak bisa lagi dilakukan dalam memilih jurusan S2. Kamu harus mengutamakan expertise daripada passion. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan perkembangan global sekarang. Sebaiknya kamu memilih jurusan yang dapat mengikuti perkembangan tersebut.

4. Ketahui kualifikasi yang kamu miliki
Kualifikasi adalah pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian yang diperlukan untuk menduduki tingkat tertentu (misalnya, jabatan dan sebagainya). Dengan kata lain, kualifikasi berarti prestasi yang pernah kamu dapatkan, misalnya nilai, penghargaan, sertifikat, dan bentuk pencapaian lainnya. Mengumpulkan atau meningkatkan kualifikasi memang butuh waktu, oleh karena itu kamu harus memulai memikirkannya sedini mungkin.

5. Membuat persiapan jauh sebelumnya
Khususnya kamu yang ingin melanjutkan jenjang S2 di luar negeri. Buatlah persiapan jauh-jauh hari sebelum kamu lulus kuliah. Misal, kamu ingin melanjutkan S2 pada tahun depan, maka sebaiknya kamu memulai membuat persiapan dari sekarang.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Komentar