Biar Kuliah Sambil Kerja Bisa Sama-sama Lancar, Coba Ikuti 5 Tips Ini

part-time-work1-300x199

Sampai hari ini, kita masih meyakini bahwa pendidikan adalah kunci sukses di masa depan. Karena itulah banyak orang tua yang menginginkan anaknya melanjutkan kuliah selepas tamat SMA. Namun ada sebagian orang yang terpaksa harus bekerja dulu sebelum melanjutkan kuliah lagi, hal ini mereka lakukan untuk mengumpulkan uang yang cukup sebagai biaya untuk kuliah nantinya.

Melihat persaingan di dunia kerja saat ini sangat ketat, biasanya untuk mencapai level jabatan tertentu perusahaan akan mempertimbangkan latar belakang pendidikan kamu, selain pengalaman kerjamu. Karena itulah, banyak karyawan yang hanya lulusan SMA saat ini memilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, sambil tetap bekerja.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang kuliah sambil bekerja, inilah 5 tips yang bisa kamu pakai.

1. Belajar mengatur waktu
Hal ini adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan. Kuliah sambil bekerja, berarti kamu dituntut untuk bisa membagi waktumu untuk kuliah dan untuk bekerja. Dua-duanya sama pentingnya, jadi kamu harus pandai mengatur supaya jadwal kuliahmu tidak bentrok dengan jam kerjamu.

2. Cari pekerjaan yang fleksibel
Selain harus bisa mengatur waktu, hal lain yang harus kamu lakukan adalah mencari pekerjaan yang fleksibel. Pekerjaan yang fleksibel maksudnya adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Sehingga bisa kamu bisa menyesuaikan jadwal kerjamu dengan jadwal kuliahmu.

3. Pertimbangkan untuk kuliah di kelas karyawan
Jika kamu ternyata tidak berhasil mendapatkan pekerjaan yang fleksibel, dan harus bekerja dengan jam kerja yang normal seperti para karyawan lainnya di kantor, maka kuliah di kelas karyawan inilah solusi terbaik untukmu. Karena biasanya nih kuliah di kelas karyawan ini dilakukan di hari Sabtu dan Minggu, sehingga tidak mengganggu hari kerjamu.

4. Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan profesimu
Hal yang juga penting kamu perhatikan adalah, usahakan untuk kuliah di jurusan yang sama dengan profesi atau pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini. Sehingga ketika lulus nanti, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai batu loncatan untuk meningkatkan kariermu di perusahaan tempatmu bekerja.

5. Belajar mengatur keuanganmu
Kuliah sambil bekerja, berarti kamu harus belajar lebih cermat menghitung pengeluaranmu. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang gajimu untuk membayar berbagai keperluan kuliahmu. Jangan sampai kamu hanya fokus menghabiskan uang gajimu untuk berbagai keperluan pribadi, hingga urusan kuliahmu jadi terbengkalai.

Nah itulah tips yang bisa kamu pakai supaya kamu sukses menjalani masa-masa kuliahmu sambil bekerja. Namun perlu diingat, pastikan kamu sudah benar-benar siap mental sebelum memutuskan untuk menjalaninya. Karena hal ini sangat tidak mudah, dibutuhkan niat dan usaha yang lebih keras untuk meraih kesuksesan.

Good luck!

Penulis : Ayana Chan
Sumber : Idntimes.com

Komentar