Berhenti Menyiksa Diri, Ini 5 Cara Belajar Cerdas Bukan Keras!

essay-writing-2

Seringkali pelajar beranggapan bahwa untuk mendapatkan nilai yang baik hanya ada satu cara yaitu belajar keras. Tapi anggapan itu ternyata salah loh! Cara terbaik untuk mendapatkan nilai yang baik tanpa harus merasa jenuh atau lelah adalah dengan belajar cerdas.

Berbeda dengan belajar keras yang tidak tahu waktu dan bikin lelah, belajar cerdas memperhatikan efisiensi waktu dengan target tertentu. Belum tentu ketika kamu belajar dengan keras kamu paham akan materi yang telah kamu baca, tapi dengan belajar cerdas kamu akan paham dengan materi pelajaran yang kamu pelajari dengan waktu belajarmu efisien dan teratur.

Lalu, bagaimana cara belajar cerdas? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

1. Menjadwalkan belajar secara teratur dengan target yang telah ditentukan
Sebelum belajar, atur waktu belajarmu agar teratur dan efektif. Caranya yaitu dengan merencanakan apa yang akan kamu pelajari dan membuat target yang ingin kamu capai. Misal hari ini jam 16.00-18.00 kamu akan belajar fisika, kamu ingin mencapai targetmu yaitu paham secara matang tentang materi bab 1, maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh!

Tapi jangan lupa untuk memberi jeda istirahat setiap 40 menit sekali dengan waktu istirahat selama 5 menit, agar otakmu beristirahat sejenak dan mampu berkonsentrasi untuk melanjutkan jadwal belajarmu. Ingat ya lakukan rencanamu sesuai jadwal dan secara teratur!

2. Belajar di tempat yang nyaman
Tempat belajar tidak melulu di rumahmu saja, bisa juga kamu belajar di tempat bimbelmu, perpustakaan, atau bahkan cafe. Hah, cafe kan ramai? Eits jangan salah, justru ini bisa melatih konsentrasimu loh!

Tapi, semua terserah pada kalian, jika kalian orang yang tidak bisa belajar jika tidak sepi, maka kalian bisa belajar di perpustakaan tapi kalau kalian orang yang tidak bisa belajar jika terlalu sepi kamu bisa pilih alternatif tempat belajar di cafe. Sekali lagi, pilihlah tempat yang membuatmu nyaman dan tidak mudah bosan ketika belajar!

3. Menulis ulang dan melengkapi catatan
Dengan menulis ulang catatanmu, kamu bisa sambil mereview materi pelajaran yang telah kamu pelajari. Tapi jangan hanya menulis ulang dengan cara menyalin saja, berusahalah menulis dengan mengingat-ingat yang telah kamu pelajari! Tapi kalau mesti nulis ulang, kan ngehabisin kertas? Jangan salah! Di zaman yang serba canggih ini kenapa tidak memanfaatkan teknologi sebagai media mencatatmu?

Selain hemat kertas, ketika kamu sedang di luar tapi ingin belajar, kamu hanya perlu membuka catatan di hpmu, tanpa harus membawa banyak buku. Dan jangan lupa, ketika kamu mencatat ulang cobalah untuk melengkapi catatanmu dengan mencari informasi dari internet secara mandiri, agar semakin banyak ilmu yang kamu peroleh.

4. Memberi waktu tidur yang cukup
Belajar cerdas tidak harus 24 jam nonstop. Justru kamu butuh waktu tidur sekitar 7-8 jam, agar terasa segar dan memiliki energi untuk menjalankan aktivitas belajar esok harinya. Sungguh berbeda bukan dengan belajar keras yang harus mempertaruhkan semua waktunya untuk belajar, sampai harus mengambil waktu tidur demi belajar? Bukannya paham, malah dapat lelahnya saja, kan sama saja bohong!

5. Berusaha belajar materi secara mandiri sebelum diajarkan di sekolah
Tak hanya menunggu untuk diberi materi, dengan belajar cerdas kamu dianjurkan untuk belajar secara mandiri, dan memahami konsep materi dengan caramu sendiri. Ketika di sekolah kamu hanya perlu mempersiapkan pertanyaan yang sekiranya belum kamu pahami secara utuh. Selain itu cara ini juga membuatmu merasa lebih nyambung ketika guru menjelaskan materi.

Bagaimana, masih mau belajar keras atau belajar cerdas? Semoga setelah membaca ini kamu mengubah cara belajarmu menjadi belajar cerdas ya! Kesimpulannya adalah mengapa kamu harus memilih cara yang justru menyiksa dirimu sendiri, jika ada cara lain yang membuatmu merasa nyaman?

Penilis : Triyana Sinta Dewi
Sumber : Idntimes.com

Komentar