10 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Jelang Sidang Skripsi

Skripsi

Sidang skripsi (pendadaran) adalah gerbang perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami teori masa perkuliahan. Hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Umumnya, sebagian besar mahasiwa pasti cemas menghadapi sidang skripsi ini. Apalagi terbayang-bayang rasanya harus berhadapan dengan dosen penguji yang konon siap membantai dengan pertanyaan tajam dan kritisnya. Bisa mati kutu di tempat! Tapi kamu nggak perlu khawatir karena semua bisa teratasi jika menerapkan persiapan berikut ini.

1. Konsultasi dulu ke dosen pembimbing barangkali ada hal-hal penting yang kamu kurang paham di skripsimu
ACC sidang sudah kamu kantongi. Jangan puas dulu. Coba teliti lagi, barangkali ada hal penting dari skripsimu yang masih sulit kamu pahami. Baik dari segi teori ataupun metodenya. Nah di sini kamu bisa mengkonsultasikan dulu dengan dosen pembimbing. Siapa tahu beliau bisa memberi arahan atau masukan.

Karena ketika sidang, kamu akan dicecar banyak pertanyaan dari dosen penguji. Sehingga memerlukan landasan yang paling tidak aman dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

2. Pelajari inti dari materi skripsimu. Agar tak mati gaya ketika di dalam ruang sidang
Selama kamu mengerjakan skripsi, banyak hal tentunya yang akan menjadi pertanyaan dari dosen penguji. Untuk itu siapkan catatan kecil untuk menulis poin penting yang harus kamu ingat dalam skripsimu. Kamu juga bisa mengira-ngira pertanyaan apa saja yang kemungkinan besar ditanyakan oleh dosen penguji.

Nah, biasanya setiap kampus menerapkan sistem yang berbeda dalam pelaksanaan sidang skripsi. Ada kampus yang otomatis mengurus pelaksanaan sidang mahasiswa, tanpa repot-repot mahasiswa tersebut mengumpulkan sejumlah syarat yang diperlukan. Namun, ada kampus yang memiliki aturan mandiri.

Sehingga menuntut mahasiswa untuk mengurus pelaksaan sidangnya dengan mengumpulkan berkas-berkas syarat yang diperlukan. Jika kamu mengalami kondisi ini, jangan pernah malas merapikan berkasmu dalam stopmap. Jangan sampai pada pelaksaannya kamu bingung bukan main karena berkas-berkasmu hilang atau berceceran dimana-mana. Telitilah syarat sidang yang harus dilampirkan.

3. Makan makanan bergizi, banyak minum air putih dan jangan begadang
Setelah hari dan tanggal sidang sudah terjadwal pasti, kamu harus menjaga pola makanmu. Makan makanan bergizi sebagai amunisi otakmu. Perbanyak minum air putih. Usahakan jangan tidur larut atau begadang. Karena ini akan mengurangi daya konsentrasimu ketika menghadapi sidang skripsi.

Banyak di antara mahasiswa yang menganut sistem SKS (sistem kejar semalam) yakni dengan memperlajari dan menghafal materi skripsi semalam suntuk. Padahal ini justru akan membuatmu cepat lelah. Materi skripsi cukup dipahami bagian pentingnya saja. Agar ketika mendapat pertanyaan dari dosen penguji kamu bisa leluasa mengeksplorasi jawaban dengan baik.

4. Buatlah power point presentasi yang ringkas dan mulailah berlatih presentasi
Tidak perlu ribet menyantumkan semua hal ke dalam power point presentasi. Buatlah seminimal mungkin dan ringkas. Kuncinya kamu paham dan mampu menjelaskan materi dengan lancar. Biasanya presentasi hanya berlangsung 5-10 menit. Nah kamu perlu merapatkan pernyataan-pernyataan penting dari skripsimu saat presentasi. Agar tidak grogi, kamu juga perlu persiapan latihan presentasi dulu. Setidaknya kamu bisa mengatur sikap, intonasi, gaya bicara dan merangkai kata-kata. Gunakan bahasa yang santun. Diawali dengan menyapa dosen penguji.

5. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan ketika berangkat sidang
Ada beberapa kampus yang memberi aturan khusus pakaian yang dikenakan mahasiswa ketika sidang, misal pakaian formal hitam putih. Namun, ada kampus lain yang hanya memberi aturan pakaian bebas formal, rapi dan sopan saja. Nah, ini perlu menjadi pertimbangan. Meskipun ruang sidang ber-AC, tidak menutup kemungkinan kamu akan berkeringat. Jadi pakailah pakaian yang nyaman, menyerap keringat dan bisa membuatmu leluasa bergerak.

6. Datang sidang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan
Hari H sidang telah tiba. Jangan mager. Karena kamu harus disiplin dengan datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya, kamu sidang jam 10 pagi. Usahakan satu jam sebelumnya sudah berada di kampus untuk persiapan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih tenang.

7. Isi energimu dengan sarapan pagi
Jangan kebiasaan nggak sarapan jelang ujian, ya! Karena mau nggak mau kamu harus isi energimu dengan sarapan pagi. Usahakan jangan makan bubur, hal ini justru akan membuatmu mudah lapar dan lemas di dalam ruang sidang. Makanlah karbohidrat yang cukup, sayuran dan lauk yang mengenyangkan. Jika tidak terbiasa sarapan kamu bisa mengakalinya dengan makan roti gandum, telur dan susu. Dengan sarapan kamu akan memperoleh energi sekaligus konsentrasi yang baik dalam menghadapi sidang.

8. Cek perlengkapan teknis pendukung presentasi
Banyak kejadian nggak terduga terjadi saat sidang. Misal, proyektor yang tiba-tiba tidak berfungsi atau laptop yang digunakan tidak bisa tersambung dengan proyektor. Nah, masalah teknis ini bisa mengacaukan persiapanmu. Bahkan bisa membuatmu yang sebelumnya santai menjadi panik. Oleh karena itu, perlu di cek lagi sehari sebelum pelaksanaan.

9. Berdoa dan minta restu orang tua
Berdoa menjadi bagian dari usaha dan sumber kekuatan. Mintalah doa restu juga pada kedua orang tua, yang senantiasa mendoakan kesuksesan dan kelancaranmu menghadapi ujian. Paling tidak dengan berdoa, kamu jauh lebih tenang dan siap.

10. Usahakan santai tapi serius, jawablah tiap pertanyaan dengan jujur apa adanya
Berhadapan langsung dengan 3 dosen penguji memang sedikit membuat nyali ciut dan kikuk. Kamu tidak perlu terbebani dan takut. Jika dibantai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk kamu jawab, cukup diam sejenak. Carilah jawaban aman dan diplomatis. Meskipun, mungkin tidak sesuai dengan harapan dosen pengujimu. Dosen penguji sebenarnya hanya melihat seberapa menguasainya kamu dengan penelitian skripsi yang kamu lakukan.

Percayalah pertanyaan yang akan diajukan tidak akan keluar dari jalur materi skripsimu. Jadi pahami dengan baik. Semangat ya! Semoga bermanfaat.

Penulis : Afifah Khoirunnisa
Sumber : Idntimes.com

Komentar