Suka Ngomong? 5 Jurusan Kuliah Ini Pasti Cocok Banget Buat Kamu!

Espos/Adib Muttaqin Asfar
KULIAH-Ibrahim Fatwa Wijaya memberikan kuliah di salah satu kelas Akuntansi di STIE Swastamandiri, Senin (2/4).

Banyak orang yang menganggap kalau banyak berbicara itu gak berguna. Well, sebenarnya orang yang suka bicara itu punya potensi emas lho kalau diasah dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan pendidikan yang tepat. Nah, kemampuan bicara yang dimaksudkan untuk diasah adalah kemampuan komunikasi yang nantinya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Jadi, bagi kamu yang akan segera memasuki dunia perkuliahan wajib tahu nih 5 jurusan kuliah yang cocok buat kamu yang suka ngomong, yuk simak!

1. Jurusan Komunikasi
Nah, jurusan ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka ngomong. Sesuai dengan nama jurusannya, jurusan ini mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan yang namanya komunikasi. Jadi, kamu bakalan dibentuk bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar serta dalam jurusan ini kamu juga mempelajari cabang-cabang ilmu lain lho yang bisa mendukung kemampuan berkomunikasi.

Jurusan ini juga punya prospek yang bagus lho mulai dari reporter, penyiar radio, jurnalis, periklanan dan lain-lain. Jadi, jangan terkejut setelah kamu mendalami jurusan ini dengan baik kamu bisa menjadi komunikator yang handal.

2. Jurusan Psikologi
Jurusan psikologi dikenal sebagai jurusan yang mempelajari tentang perilaku maupun mental manusia bahkan nih psikologi dianggap sebagai jurusan ‘sakti’ yang bisa membaca pikiran orang dan membaca depan. Padahal psikologi ini ilmu yang ilmiah lho, gak ada unsur mistis-mistinya sama sekali. Nah, lalu apa hubungan ilmu psikologi dengan berbicara?

Tentu saja berhubungan banget, profesi utama dari jurusan ini adalah menjadi seorang psikolog (untuk menjadi psikolog harus menempuh S2 dulu ya). Psikolog dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik pada klien, supaya klien sendiri bisa menceritakan masalah-masalah yang ia alami dengan nyaman atau istilahnya curhat. Jadi, bagi kamu yang suka ngomong dan pandai memberi nasihat kepada orang lain, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jurusan ini.

3. Jurusan Hukum
Nah, sudah bukan rahasia lagi kalau jurusan hukum ini memerlukan skill komunikasi yang handal. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu hukum terutama hukum di Indonesia yang punya banyak klasifikasi. Profesi-profesi dari jurusan ini perlu skill komunikasi yang baik terutama kalau kamu ingin menjadi pengacara.

Pengacara dituntut untuk pandai berbicara baik dengan klien ataupun saat membela klien di pengadilan. Karena ilmu hukum pada dasarnya itu abstrak sehingga untuk bisa memahami dan menjelaskannya dengan baik, perlu banyak skill termasuk di dalamnya skill berbicara. Jadi, bagi kamu yang suka berbicara dan pandai berdebat, jurusan ini direkomendasikan banget lho buat kamu.

4. Jurusan Bahasa
Nah, ini jurusan ini juga favorit banget lho bagi orang yang suka ngobrol. Bahasa merupakan alat komunikasi utama bagi manusia sehingga dapat dipastikan kalau jurusan bahasa ini pasti sedikit banyak harus berbicara kan? Jurusan bahasa ini bisa jurusan bahasa Indonesia, bahasa asing sampai bahasa daerah. Yang paling sering diminati orang adalah jurusan bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib banget dikuasai oleh semua orang terutama millenials. Oh iya, sebagai informasi saja terkadang jurusan bahasa dibedakan jurusan sastra lho di beberapa universitas. Jurusan sastra sendiri lebih mengedepankan sisi literatur sastranya sendiri berbeda dengan jurusan bahasa yang fokus dengan bahasa yang dipelajari. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

5. Jurusan Pendidikan Guru
Jurusan ini pas banget buat kamu yang punya cita-cita mulia sebagai guru. Misalnya jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) atau jurusan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Guru wajib banget menguasai cara berkomunikasi yang baik dengan murid-muridnya. Kebayang kan kalau seorang guru harus berhadapan dengan murid yang jumlahnya banyak banget, sehingga tentu harus punya skill berbicara yang mumpuni agar para siswa dapat mengerti maksud si guru ataupun sebaliknya.

Nah, komunikasi antara guru dan murid tidak selalu serius kok, apalagi jika mengajar anak remaja seperti SMP atau SMA. Sehingga untuk kamu yang suka ngobrol, berdedikasi tinggi sekaligus ingin mendapat penghasilan yang lumayan, maka jurusan ini boleh kamu pertimbangkan di daftar jurusan pilihanmu nanti.

Jadi, suka ngomong itu sah-sah aja ya, selama tidak merugikan orang lain seperti menggosip sampai menyebarkan hoax. Jadi, kamu tertarik dengan jurusan nomor berapa nih?

Penulis : Frederick
Sumber : Idntimes.com

Komentar