Ternyata Ini 7 Rahasia Biar Sukses Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

collegestudent1

Sistem Kebut Semalam (SKS ) ini merupakan metode belajar yang sering dilakukan para pelajar dan mahasiswa. Sistem ini merupakan “jurus pamungkas” yang dilakukan sebagian orang dalam belajar untuk mempersiapkan ujian dalam waktu semalam saja! Gak jarang banyak yang begadang lho buat belajar.

Memang sih sistem ini dikenal gak efektif buat belajar. Tapi, jangan salah ya metode SKS ini mungkin bisa berhasil kalau kamu melakukan 7 hal di bawah ini.

1. Lakukan jeda
Pada dasarnya otak kita ini butuh istirahat. Jadi, misalnya kamu udah belajar non-stop selama 40 menit maka sebaiknya kamu istirahat atau jeda selama 10 menit. Dalam waktu 10 menit ini, kami harus benar-benar berhenti dari semua aktivitas belajar kamu, misalnya mendengar lagu, bermain gadget atau apapun yang bisa membuat kamu terasa rileks.

Coba deh, kamu pasti akan merasa lebih fresh saat belajar. Dan, yang terpenting jangan kebanyakan waktu istirahat daripada belajarnya ya.

2. Menyimak penjelasan guru atau dosen
Nah, kalau kamu gak mau capek-capek belajar sebelum hari-H ujian maka tips ini wajib kamu ikuti. Penjelasan dari guru atau dosen biasanya merupakan intisari dari materi pelajaran. Jika kamu udah mengerti inti materi pelajaran tinggal deh kamu memakai sistem SKS dengan baca-baca aja buku kamu tanpa susah payah lagi harus menghafal materi yang kadang terdiri dari banyak bab.

3. Pelajari teknik menghafal cepat
Karena waktu yang sangat terbatas, kamu harus pintar-pintar menyusun strategi belajar yang efisien. Salah satu teknik menghafal cepat adalah dengan metode jembatan keledai, tinggal membuat singkatan dari huruf maupun kata kunci yang dihapalkan dan digabung menjadi satu kata.

Misalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sering disingkat BPJS kan? Teknik ini dapat kamu kembangkan sendiri kok sesuai kreatifitas, makin unik kata yang kamu buat semakin memudahkanmu untuk ingat.

4. Lakukan “Copy Paste” materi pelajaran
Intinya sih, dalam belajar sebaiknya kamu menyalin ulang (copy paste) materi pelajaranmu. Ingat menyalin ulang di sini harus dengan tulis tangan ya bukan dengan mengetik. Sebab, sebuah penelitian di universitas Norwegia menyebutkan bahwa menulis dapat melibatkan bagian-bagian otak lebih aktif ketimbang dengan mengetik.

Sehingga dapat simpulkan, bahwa menulis lebih efektif daripada mengetik dalam belajar apalagi kamu yang menggunakan metode SKS ini. Jadi, jangan malas menulis lagi ya!

5. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi
Untuk bisa fokus dalam belajar apalagi dengan metode SKS. Otak memerlukan asupan yang bergizi yang nantinya bakalan jadi bahan bakar otak untuk kegitan berpikir maupun belajar kamu. Usahakan tidak makanan yang berat-berat yang bikin kamu gak konsentrasi bahkan sampai ngantuk.

Menurut beberapa penelitian, salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat belajar adalah pisang,karena ternyata buah kuning ini mempunyai manfaat dalam meningkatkan fokus dan membuat otak bekerja lebih maksimal. Selain itu, jangan lupa ya untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Sudah tahu kan manfaat air putih bagi tubuh?

6. Pernah dengar istilah The Power of Kepepet?
The power ofkepepet adalah sebutan untuk kekuatan atau potensi tersembunyi manusia yang sering muncul saat kondisi terdesak. Sebenarnya, dalam kondisi terdesak seseorang juga bakalan lebih kreatif dari biasanya.

Hal ini juga berlaku saat kamu belajar sistem SKS, otakmu “dipaksa” bekerja lebih keras menghasilkan ide kreatif dalam belajar cepat. jadinya kamu lebih cepat hafal deh. Tapi, perlu diingat meski kamu cepat ingat saat belajar kemungkinan besar setelah ujian kamu bakalan lupa dengan apa yang dipelajari lho.

Tentunya otak kamu juga ikut kelelahan, jadi sebenarnya sistem SKS ini juga kurang baik lho untuk kesehatan tubuh.

7. Mengetahui batas kemampuan sendiri
Setiap manusia punya daya tangkap atau kecerdasan yang berbeda-beda. Tidak dapat dimungkiri kalau mereka yang punya IQ tinggi bakalan lebih mudah belajar tanpa susah payah. Masalahnya adalah apakah kamu termasuk orang yang gampang menyerap pelajaran? Jika iya, maka selamat mungkin sistem SKS ini cocok buat kamu.

Tapi, bagaimana kalau sebaliknya? Jadi, dengan menyadari batas kemampuan sendiri kita dapat lebih mudah menyusun strategi belajar baik dengan metode SKS atau sistem belajar lainnya yang lebih cocok dengan kemampuan kita sendiri.

Akhir kata, bagaimanapun juga metode SKS ini kurang dianjurkan dalam belajar ya tapi jika kamu benar-benar dalam kondisi terdesak maka silahkan mencoba tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Penulis : Frederick
Sumber : Idntimes.com

Komentar