7 Cara Ampuh Lanjut Kuliah S2 Tanpa Membobol Tabungan Orangtua!

manfaat-melanjutkan-sekolah-s2-qil34wugs0

Banyak orang yang bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin. Namun, terkadang tak semua orang bisa meraih mimpi yang satu ini. Banyak kendala yang dialami, salah satunya adalah dana. Karena memang dana pendidikan yang harus digelontorkan untuk melanjutkan pendidikan S2 tidaklah sedikit.

Kamu juga menyimpan keinginan untuk melanjutkan pendidikan S2 tanpa perlu merepotkan orangtua?

1. Cari beasiswa dari pemerintah atau swasta
Kamu bisa menjadi beasiswa hunter. Bahkan, beasiswa juga ada banyak macamnya. Mulai dari LPDP dari pemerintah hingga beasiswa dari berbagai instansi swasta, contohnya saja perusahaan rokok ternama. Kamu bisa mencari infonya di berbagai website. Memang untuk bisa lolos beasiswa ini tidaklah mudah dan ada serangkaian tes yang harus kamu ikuti, namun kamu jangan patah arang dulu. Berbekal semangat dan tekad yang kuat, yakinlah kamu pasti bisa lolos dan melanjutkan pendidikan S2.

2. Cari beasiswa dari negara luar, banyak negara yang memberikan beasiswa penuh
Selain beasiswa dari pemerintah maupun swasta, kamu juga bisa mengikuti beasiswa yang diadakan oleh berbagai negara. Negara maju di luar negeri memiliki dana yang ditujukan untuk para pelajar demi bisa melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Biasanya pula dana yang diberikan sudah mencukup kebutuhan hidup dan belajarmu selama di sana. Tertarik mencoba?

3. Cari side job yang gak menguras banyak waktu dan tenaga
Kuliah sambil bekerja bisa menjadi solusi untukmu yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri. Namun, kamu juga perlu jeli dalam memilih bidang pekerjaan yang akan kamu geluti. Pilih jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari mana saja dan tanpa perlu menguras banyak waktu dan tenaga. Kamu bisa mencari lowongan freelance job yang bisa kamu lakukan sembari mengikuti kegiatan perkuliahan.

4. Ikut program riset yang diadakan oleh dosen
Mengikuti program riset dari dosen pengajarmu juga akan membawa keuntungan tersendiri. Biasanya ada sejumlah dana yang dianggarkan oleh dosen yang bersangkutan, sehingga kamu juga bisa ikut menghemat dana pengeluaran. Selain itu, mengikuti program riset dari dosen juga bisa dipastikan nilaimu aman karena kamu memiliki hubungan yang baik dengan dosen tersebut.

5. Cari pekerjaan yang ada hubungannya dengan pendidikan yang kamu ambil
Agar pekerjaan yang kamu lakukan tidak terasa memberatkan, kamu bisa mengambil pekerjaan yang memang ada hubungannya dengan pendidikan yang kamu ambil. Dengan begini pekerjaan yang kamu lakukan tak terlalu menguras banyak energi dan tenaga. Bahkan, siapa tahu nantinya thesismu bisa mengambil contoh sample dari pekerjaan yang sedang kamu geluti sekarang ini.

6. Mengambil pinjaman dari bank dengan jangka waktu tertentu dan bunga yang rendah
Mengambil pinjaman dari bank bisa dijadikan salah satu solusi untuk membiayai kuliah S2 sendiri. Pastikan kamu mengambil pinjaman dari bank besar yang memang sudah memiliki nama, selain itu pastikan juga bahwa bunga yang diambil benar-benar rendah. Tak perlu minder dan berkecil hati karena harus meminjam dari bank demi bisa melanjutkan study. Lihat saja keberhasilan hidup Merry Riana. Dulunya kebutuhan hidup dan studynya juga bergantung dari pinjaman negara Singapura yang kemudian bisa dilunasinya setelah lulus dan bekerja.

7. Cari pekerjaan yang memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi
Bekerja sambil belajar bukan merupakan satu-satunya solusi. Bahkan, setelah menamatkan S1, kamu bisa bekerja dahulu. Pastikan kamu bekerja di perusahaan yang sudah memiliki nama besar dan benar-benar memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Karena peluang untuk melanjutkan study S2 tanpa dipungut biaya bisa datang dari sini. Banyak kok perusahaan besar yang rela menggelontorkan dana demi membiayai karyawannya untuk melanjutkan sekolah lagi.

Jadi cara mana yang akan kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan S2?

Penulis : Pinka Wima
Sumber : Idntimes.com

Komentar