Jangan Jadi Mahasiswa Abadi, Ini 8 Cara Agar Kamu Lulus Tepat Waktu

entrepreneur-593358_640-750x496

Lulus kuliah tepat waktu pastinya merupakan dambaan setiap mahasiswa, terlebih yang saat ini sedang berjuang dengan skripsinya. Impian untuk menjadi sarjana, seolah sebentar lagi didepan mata, namun paradigma yang kurang baik dari kakak kelas tentang sulitnya lulus kuliah tepat waktu membuat kamu menjadi cemas.

Sebenarnya, semua itu bisa dilalui dengan baik dan kamu gak perlu jadi mahasiswa abadi jika kamu bekerja keras dan lakukan 8 hal di bawah ini. Nah, buat kamu yang saat ini masih menjalani awal-awal peranmu sebagai mahasiswa, simak yuk trik cerdas supaya kamu bisa menjadi mahasiswa yang lulus kuliah tepat waktu.

1. Pelajari kewajiban yang harus ditempuh sebagai mahasiswa
Baik itu soal SKS dan soal tugas, pelajari semuanya agar kamu bisa menyelesaikan studimu dengan tepat waktu. Usahakan kamu tak perlu mengulang mata kuliah agar kamu bisa cukup untuk segera mengambil mata kuliah pilihan yang kamu minati. Buat rencana sedini mungkin tentang mata kuliah wajib yang harus kamu selesaikan agar saat kamu mengambil tugas akhir, kamu tak perlu lagi dibebani oleh mata kuliah wajib yang harus kamu ambil.

2. Diskusi dengan dosen
Kalau kamu kurang mengerti dengan penjelasan mata kuliah yang disampaikan oleh dosenmu jangan ragu untuk bertanya dan diskusi dengannya. Dengan kamu rajin berdiskusi, beliau pun akan mengenal kamu dan menilai kamu sosok yang rajin. So, ketika nanti nilaimu tanggung atau mendapat nilai C+, beliau akan membantumu dan menjadikan nilaimu B. Gak ada ruginya lho dekat dengan dosen.

3. Manfaatkan semester pendek
Kalau memang jurusanmu masih membuka semester pendek untuk perbaikan, segera ambil dan perbaiki nilaimu yang memang jelek atau tanggung biar menaikan IPK-mu supaya kamu bisa segera ambil tugas akhirmu. Manfaatkan semuanya sedini mungkin karena kerja keras tak akan menghianati hasil.

4. Jauhi teman yang malas
Kalau temanmu mengajakmu untuk ke kantin ketika perkuliahan berlangsung, segera abaikan dan jauhi karena teman seperti ini akan membuatmu menjadi sosok yang malas. Alhasil bukannya kamu lulus tepat waktu, malah jadi mahasiswa abadi. Mulailah untuk memikirkan masa depanmu jangan terus menuruti ego.

5. Jangan absen kuliah
Pasti nyesek banget jika kamu gak boleh ujian hanya karena absenmu kurang, so jauh-jauh hari mulailah untuk rajin kuliah dan hindari absen supaya kamu bisa secepatnya menyelesaikan kuliahmu dengan segera.

6. Jangan menunda skripsi
Menunda skripsi berarti menunda masa depanmu sendiri. Jadi, jangan ikuti bisikan gaib untuk menunda skripsi, segera tepis dan mulailah nyicil skripsimu dari sekarang agar impianmu untuk secepatnya lulus bukan impian lagi.

7. Ambil tema skripsi yang kamu suka
Kalau kamu merasa tersiksa dengan mengerjakan skripsi, ambillah tema penelitian yang kamu sukai agar kamu bisa ringan dalam menyelesaikan skripsimu. Jangan gengsi dengan tema yang menurutmu kurang keren tapi kamu suka, daripada kamu tersiksa dengan mengambil tema yang menurut orang keren. Mulailah bijak dari sekarang!

8. Fokus akademis
Jangan terlalu banyak memikirkan organisasi yang bisa membuat kuliahmu terbengkalai. Fokuskan dirimu untuk meraih gelar sarjana, jadikan organisasi sebagai pelengkap saja untuk bekal softskillmu kelak setelah lulus.

Nah, itu tadi 8 cara cerdas biar kamu gak jadi mahasiswa abadi di kampus alias lulus tepat waktu. Masa kuliah memang menyenangkan, tapi jangan sampai lupa kewajiban untuk menyelesaikannya. Ingat, kamu harus menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai. Jadi, terapkan dengan baik ya!

Penulis : Indah Shaliha
Sumber : indtimes.com

Komentar