Lakukan 5 Hal ini Agar Presentasi Skripsimu Mengagumkan!

presentasicover-02f3febc84b3fcd2829e1de3fe4402fe_568x284

Menghadapi ujian skripsi adalah satu momen yang menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa semester akhir. Bagi kamu yang sedang berjuang untuk mendapat gelar sarjana, tentu hal demikian harus kamu lalui. Sedikit tidaknya kamu mungkin akan merasa cemas dan tegang bahkan tidak enak makan dan susah tidur menjelang hari persidangan hasil penelitianmu.

Sebagus apa pun kamu membuat slide presentasi dan mempersiapkan bahan pertanggungjawaban dari penelitianmu, semua itu akan sia-sia ketika kamu cemas, grogi, apalagi demam panggung. Dosen penguji akan meragukan penelitianmu dan pertanyaan-pertanyaannya yang sebenarnya mudah akan terdengar menyeramkan bagimu.

Nah, untuk mengatasinya kamu perlu melakukan beberapa hal berikut!

1. Hindari SKS alias Sistem Kebut Semalam
Setelah mendapat jadwal ujian penelitian kamu pasti akan merasakan kepanikan bahkan sejak tiga hari sebelum ujian dilaksanakan. Ketika panik karena merasa belum siap, apalagi kebagian dosen penguji yang terkenal killer, kemungkinan untuk demam panggung sangat besar terjadi.

Bisa jadi kamu akan menangis di depan dosen penguji karena bingung. Oleh sebab itu, rampungkan segala hal yang dibutuhkan untuk presentasi dari jauh-jauh hari. Jangan mepet apalagi pakai SKS alias sistem kebut semalam karena hal demikian akan membuat presentasimu kalang kabut.

2. Tuliskan kembali semua hal yang akan kamu presentasikan lalu bicaralah di depan cermin!
Untuk memudahkan berbicara di depan dosen penguji yang tegangnya setengah mati, kamu perlu menguasai materi penelitianmu. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan kembali segala hal yang ingin kamu sampaikan tanpa melihat kembali isi skripsimu. Setelah itu, latihlah public speaking-mu dengan berbicara di depan cermin berulangkali. Ini adalah teknik mudah untuk membiasakan dirimu tampil di ruang publik dan membantumu berbicara dengan lancar dan percaya diri.

3. Menjaga mood agar selalu tetap baik akan membuatmu percaya diri
Sesederhana apapun penelitianmu, akan menjadi luar biasa jika kamu mempresentasikannya dengan penuh percaya diri. Untuk mendapatkan kepercayaan diri tidak lah mudah, terlebih bila kamu adalah tipe manusia pemalu yang seringkali minder tampil di depan publik.

Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menjaga mood agar tetap baik sejak mempersiapkan hingga presentasimu usai. Hindari segala hal yang merusak mood-mu bahkan berhentilah menghubungi pacar atau sekadar stalking media sosialnya sementara waktu jika itu sering membuatmu jengkel.

4. Hubungi orangtuamu, mintalah restu pada mereka
Pernah nonton film bolywood legendaris Kabhi Kushi Kabhi Gham? Beginilah pesan tokoh Rahul kepada adik tirinya bernama Rohan yang paling kental dari film tersebut berkaitan dengan poin ini:

“Jika kau ingin jadi seseorang dalam hidup ini, jika kau menginginkan sesuatu, jika kau ingin memenangkan sesuatu, cukup dengar kata hatimu. Jika hatimu tidak bisa menjawabnya, tutup matamu, pikirkan kedua orang tuamu dan semua rintangan terlewati. Semua masalah lenyap seketika. Kemenangan akan jadi milikmu. Hanya milikmu.”

Restu orangtua sangat penting dan doa dari keduanya juga akan memudahkan setiap perjuangan kita. Jika kamu anak rantau, jangan malas untuk menghubungi mereka terutama di hari-hari pentingmu.

5. Awalilah pagimu dengan ceria di hari presentasi, jangan sibukkan untuk belajar lagi
Ketika telah tiba hari untuk mempresentasikan skripsimu, sering-seringlah tersenyum. Lakukan hal-hal yang membuatmu ceria. Kondisi psikismu di pagi hari menentukan nasibmu sepanjang hari. Tutup buku dan matikan laptopmu, berhentilah mengulang-ngulang bahan presentasi karena itu akan membuatmu semakin tegang. Percayalah pada apa yang telah kamu persiapkan di hari-hari sebelumnya. Berangkatlah ke kampus dengan suka cita dan taklukkan dosen pengujimu!

Dan jangan lupa berdoa sebelum kamu memulai presentasi. Kalau semua kamu persiapkan dengan baik jauh-jauh hari tentunya ketika hari sidang nanti kamu akan lebih mantap mempresentasikan hasil penelitianmu. Semangat ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar