Fitur Lacak Milik WhatsApp Sudah Hadir di Indonesia

wa

Live Location merupakan fitur terbaru dari WhatsApp. Live Location merupakan fitur lacak yang sudah bisa diakses oleh pengguna WhatsApp di Indonesia.

WhatsApp kini telah berkembang menjadi aplikasi pesan singkat yang paling sering digunakan oleh semua orang. Selain pesan berbentuk teks pengguna WhatsApp juga bisa mengirimkan gambar dan video. Pengguna WhatsApp juga bisa menggunakan fitur video call untuk menghubungi siapa saja yang ada di daftar contact-nya.

Terbaru, WhatsApp kembali menambahkan sebuah fitur bernama live location. Fitur ini merupakan fitur lacak yang memungkinkan setiap pengguna WhatsApp mengirimkan lokasinya kepada temannya yang ada di daftar contact.

Fitur Lacak untuk Contact dan Grup WhatsApp

Dilansir Kompas, fitur live location bisa diakses lewat ikon attach file atau dokumen. Usai men-tap ikon tersebut akan muncul menu location. Setelah location di tap akan muncul peta dan sub-menu share live location. Selanjutnya jika memutuskan untuk men-share live location, maka WhatsApp akan membagi lokasi pengguna dengan contact-nya.

Fitur live location juga hadir dengan pilihan durasi waktu berbagi lokasi. Pengguna bisa membagi lokasinya selama 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Meski demikian, pengguna juga bisa menghentikan membagi lokasi sebelum durasi waktunya berakhir. Caranya adalah dengan men-tap stop sharing.

Fitur live location tidak hanya bisa dibagikan kepada contact saja. Pengguna juga bisa membaginya di grup WhatsApp. Jika ada beberapa anggota grup membagi lokasinya, maka akan ada beberapa lokasi pengguna yang bisa diketahui di satu antar muka peta. Dengan demikian anggota grup yang lain bisa mengetahui keberadaan teman-teman mereka.

Fitur lacak seperti yang dimiliki WhatsApp sebenarnya sudah ada di aplikasi Google Maps. Namun dengan memiliki fitur Grup WhatsApp, pengguna bisa sekaligus membagikan lokasinya ke banyak orang.

Live location sudah bisa digunakan oleh beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia. Hanya WhatsApp menghadirkannya secara bertahap sehingga tak semua pengguna WhatsApp langsung bisa menggunakannya.

Source : Job-like.com

Komentar