7 Tips Agar Pekerjaan Tidak Jadi Beban Meski Kamu Sedang Capek-capeknya

gambar-kata-kata-lelah-dan-capek

Rasa lemas dan kantuk saat bekerja sudah menjadi hal yang biasa kita alami. Namun, ternyata rasa capek ini bisa menjadi indikasi bahwa tubuhmu sedang kekurangan nutrisi. Hal ini tentunya akan sangat menghambat aktivitasmu apabila dibiarkan. Untuk mengatasinya, berikut penjelasan serta tips untuk menghilangkan rasa lelahmu supaya kamu dapat lebih produktif dalam bekerja.

1. Minum dua gelas air dingin.

Kekurangan cairan tubuh, atau dehidrasi, merupakan salah satu penyebab utama kamu merasa lelah. Meminum dua gelas air dingin akan sangat membantu tubuhmu untuk tetap terhidrasi, terlebih lagi, suhu air yang dingin juga akan sangat menyegarkan tubuh dan bikin kamu melek kembali dan siap menyelesaikan pekerjaanmu.

2. Lakukan olahraga singkat.

Olahraga dapat melancarkan peredaran darahmu, membuat tubuhmu terasa lebih segar dan tentunya mengurangi rasa capek. Kamu juga dapat melakukannya ketika bekerja tanpa memerlukan banyak waktu. Cukup lakukan pushup sebanyak tiga set, atau peregangan selama lima menit, dijamin kamu tidak akan menguap lagi.

3. Bekerja sambil berdiri.

Bekerja sambil berdiri memang terasa tidak nyaman. Tapi perlu diingat, justru rasa nyaman itulah yang memanjakan rasa kantuk dan lelah kamu. Kalau kamu tidak ingin sampai tertidur pulas di meja kerjamu, maka kamu harus memaksa dirimu untuk melawan rasa kantukmu itu. Dengan bekerja sambal berdiri, kamu tidak akan mudah mengantuk sehingga dapat lebih fokus menyelesaikan pekerjaanmu.

4. Hindari minuman kafein.

Banyak orang menganggap bahwa kafein merupakan obat ampuh mengatasi rasa kantuk dan lelah karena mampu memberi tenaga tambahan secara instan. Tapi nyatanya, zat yang juga terdapat di minuman lain seperti teh dan soda ini tidak begitu baik bagi tubuh. Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, kafein memang patut dihindari, tapi buat kamu yang sehat sekalipun, konsumsi kafein berlebihan juga dapat menimbulkan sakit kepala yang justru dapat menghambat pekerjaanmu. Alih-alih meminum kopi dan sejenisnya, kamu bisa menggantinya dengan minuman atau cemilan yang lebih menyehatkan. Jus jeruk dan kacang almond misalnya, kandungan vitamin C dan protein yang mereka miliki juga dapat memberi energi tambahan untuk kamu.



5. Berjemur dan menikmati matahari.

Apakah kamu tahu kalau vitamin D itu juga berfungsi melawan rasa lelah? Iya betul, vitamin D selain baik untuk tulang juga dapat mengatasi gejala kelelahan lho. Untuk memperolehnya, kamu cukup berjemur di bawah matahari saja. Tidak perlu jauh-jauh ke pantai kok, kamu bisa melakukannya di luar tempat kerjamu selama 15 menit saja. Hitung-hitung, sekalian refreshing juga menghindari kepenatan di tempat kerja.

6. Jangan biarkan perutmu kosong.

Rasa lelah dan kantuk yang kamu alami bisa menjadi pertanda bahwa kamu kekurangan tenaga. Sumber utama tenaga tentunya dari makanan, makanya, jangan sampai kamu membiarkan perutmu tidak terisi di waktu kerja. Pastikan asupan gizimu sesuai dengan yang dibutuhkan, dan jangan lupa kurangi karbohidrat dan gula, dan perbanyaklah protein dan serat karena itu sangat dibutuhkan oleh tubuhmu. Satu hal yang perlu diingat juga, jangan menunggu berhenti makan sampai kenyang, karena rasa kekenyangan itu nanti malah akan mengganggumu saat bekerja. Kalau mau lebih aman, selama bekerja, hindari mengonsumsi makanan berat dan perbanyak cemilan seperti buah, yoghurt, dan kacang-kacangan.

7. Jika sudah sangat mengantuk, lakukan power nap.

Apabila rasa lelahmu sudah tak tertahankan, solusi terakhir adalah dengan melakukan power nap. Power nap adalah tidur siang yang dilakukan secara singkat namun dapat memberikan tenaga yang maksimal sehingga kamu segar kembali. Kunci utama melakukan power nap adalah, tidak boleh terlalu lama dan juga terlalu cepat. Waktu paling ideal untuk melakukan power nap adalah 20 menit saja, kalau lebih dari itu, kamu justru akan semakin merasa ngantuk ketika bangun. Selain itu juga, waktu yang dirasa tepat untuk melakukannya adalah di antara pukul satu siang sampai pukul tiga sore supaya tidak mengganggu ritme sirkadian kamu.

Semoga tips-tipsnya bermanfaat untuk kamu semua ya. Namun jika kamu ingin badan tetap segar, kamu harus mengatur pola hidup sehat dengan olahraga rutin, tidur yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.

[]idntmes.com

Komentar