7 Pelajaran Hebat yang Bisa Kamu Ambil dari Sebuah Kegagalan

malcolm_forbes

 

Siapa sih di dunia ini yang tidak pernah gagal? Nyatanya kegagalan adalah fenomena alami dalam kehidupan setiap orang. Hanya saja, mereka yang bisa memanfaatkan kegagalan tersebut untuk menjadi lebih baik adalah orang yang beruntung, sementara yang tidak adalah orang yang merugi. Ketahuilah teman, ada banyak pelajaran hebat yang bisa kamu ambil dari sebuah kegagalan.

Pelajaran-pelajaran hebat tersebut adalah sebagai berikut:

Menguji apakah kamu cukup sabar atau tidak

Kamu mungkin pernah mendengar cerita Thomas Alfa Edison dalam menemukan lampu pijar pertama di dunia. Beliau mengalami kegagalan sebanyak 999 kali, dan pada percobaan ke-1000 lah ia berhasil menemukan lampu pijar yang sangat berguna bagi kehidupan manusia itu.

Seyogyanya kegagalan adalah ujian dari kesabaran kamu. Orang-orang yang sabar tidak akan berhenti berjuang, ia akan terus mencoba dengan usaha yang lebih baik hingga ia mencapai kesuksesannya.
Membongkar mana yang benar-benar teman dan mana yang munafik

Tak semua pertemanan di dunia ini dapat bertahan lama, sebab ada kalanya pertemanan terjalin hanya karena mementingkan keuntungan semata. Kegagalan yang kamu dapatkan dapat menjadi filter atau penyaring pertemanan itu. Mana yang teman sejati dan mana yang teman semu.
Teman sejati akan menguatkan dan menghiburmu saat kamu gagal, sementara teman yang semua akan hilang entah kemana.
Memberikan kesempatan bagi kamu untuk mempersiapkan sesuatu dengan lebih baik

Saat kita gagal bukan berarti kita benar-benar tidak akan bisa mencapai apa yang kita inginkan itu. Ini hanya masalah waktu, dan kesempatan yang kamu dapatkan untuk lebih mempersiapkan sesuatu demi hasil yang lebih maksimal dibanding usaha yang telah kamu lakukan sebelumnya.
Menunjukkan mana yang salah, untuk diperbaiki

Penyebab dari kegagalan itu bisa jadi sebuah kesalahan yang tidak kamu sadari sebelumnya, namun ketika kamu gagal kamu menyadari itu. Itu adalah hikmah dari sebuah kegagalan. Di mana kamu dapat belajar mengenai kesalahan dan tidak akan mengulanginya untuk kedua kalinya.



Memberi pelajaran bahwa hidup itu perlu perjuangan

Gagal juga mengajarkan kita hakikat hidup bahwa hidup itu mesti penuh dengan perjuangan. Tidak selamanya apa yang kita inginkan akan selalu kita dapatkan. Tidak selamanya kamu bisa berhasil hanya dengan sekali dua kali percobaan. Ketika kamu gagal berjuanglah untuk terus mencoba.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda

Sebagaimana orang bijak kerap berkata, bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Wright bersaudara mengalami kegagalan yang berulang-ulang saat merancang pesawat terbang, tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan ketidakpercayaan dari masyarakat. Pernah pesawat yang mereka rancang jatuh tapi mereka terus berusaha menyempurnakannya hingga pada akhirnya mereka mendapatkan paten atas temuan hebat itu.

Bila kamu gagal hari ini, esok hari belumlah tentu. Kamu tidak akan tahu sebelum kamu mencobanya. Kenapa tidak dicoba saja? Tentu dengan persiapan lebih baik daripada sebelumnya.
Membuatmu semakin mantap dan percaya bahwa perjuangan tidak akan pernah sia-sia

Pelajaran terakhir yang diharapkan dari sebuah kegagalan adalah semakin mantap dan percayanya kita bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Dengan kata lain, selalu ada hikmah atas segala sesuatu. Hanya saja, kita mesti berbaik sangka pada Tuhan dan pada orang lain. Sebab dengan begitulah kita dapat semakin dewasa semakin kita temukan kerasnya perjuangan untuk mencapai kesuksesan yang kita impi-impikan.

Selalu ada pelajaran yang tersembunyi dari setiap fenomena dalam hidup ini. Tugas kita adalah mencarinya dan menjadikan diri kita jauh lebih baik lagi. Semua dengan tulisan singkat ini kamu bisa termotivasi. Bila menurutmu ini perlu dibaca orang lain, kamu bisa bagikan kemanapun jua. Salam semangat, semoga kesuksesan selalu menaungi kita.

[pelajar.me]

Komentar