Prospek Kerja Lulusan Budidaya Perairan

perairan

Jurusan Budidaya Perairan merupakan jurusan yang berada di bawah Fakultas Perikanan dan Kelautan. Jurusan Budidaya Perairan ini adalah jurusan yang mempelajari segahal tentang budidaya perikanan,baik itu ikan air tawar, air payau maupun air asin.

Selama masa perkuliahan, umunya kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Bioteknologi Akuakultur, Manajemen Kesehatan Ikan, Pengembangan Industri Perikanan, Pengembangan Pakan Ikan, Limnologi, dan lain sebagainya.

So, setelah lulus, diharapkan lulusan Budidaya Perikanan ini mempunyai kompetensi dalam penguasaan, penerapan keilmuan, manajemen dan kewirausahaan dalam bidang perikanan.

Jika melihat kompetensi dan kondisi saat ini, maka prospek kerja dari lulusan Budidaya Perairan sendiri cukup cerah, melihat bahwa kebutuhan konsumsi ikan di negara kita semakin besar, dan tidak cukup jika hanya mengandalkan hasil perikanan dari nelayan di laut lepas, oleh karena itu budidaya perikanan akan menjadi bidang yang menjanjikan apabila dikelola dengan baik.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Budidaya Perairan :

1. Perusahaan Budidaya Ikan

Di perusahaan ini, lulusan Budidaya Perairan bisa melamar untuk bagian manajemen maupun operasional. Perusahaan Budidaya perikanan di Indonesia sendiri mulai banyak, dari mulai perusahaan kecil, menegngah sampai perusahaan besar juga mulai ikut bermain di bisnis ini.

Perusahaan budidaya ini bukan cuma budidaya ikan saja, bisanya ada juga udang, ikan hias, lele, mutiara, dan lain sebagainya. Bahkan perusahaan budidaya kita juga banyak yang sudah bersaing di level global dengan ekspor ke beberapa negara.

2. Pegawai Negeri Sipil

Setiap orang memang mempunyai hak untuk daftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, untuk lulusan Budidaya Perikanan juga bisa melamar kerja sebagai PNS dan yang paling sesuai adalah melamar ke instansi pemerintahan seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Balai Penelitian Kelautan, Dinas Perikanan Daerah, dan lain sebagainya.

3. Wirausahawan

Bukan hanya dibekali kemampuan untuk bekerja, lulusan Budidaya Perairan juga dibekali pengetahuan manajemen dan kewirausahaan di bidang perikanan, sehingga nantinya diharapkan semakin banyak pengusaha yang lahir di bidang ini, dan memajukan perikanan Indonesia.

4. Tenaga Pengajar

Selain menajdi seoran PNS maupun Wirausaha, lulusan Budidaya Perairan juga bisa bekerja sebagai pengajar, baik itu di SMK kelautan, maupun menjadi dosen di Universitas yang mempunyai Fakultas Perikanan dan Kelautan, tapi tentu saja harus minimal kuliah lagi S2 unutk bisa menjadi Dosen saat ini.

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Budidaya Perairan sesuai kompetensi yang dimilikinya. Semoga bisa bermanfaat ? Goodluck !

 

[kampuscenter.com]

Komentar