5 Alasan Mengapa Memiliki Portofolio Sebelum Lulus Itu Penting

portofolio

Tahukah kamu bahwa CV dan portofolio merupakan dua hal yang berbeda? CV merupakan daftar riwayat hidup seperti latar belakang pendidikan, kursus, kegiatan organisasi yang pernah diikuti, dan sebagainya. Sedangkan portfolio merupakan karya-karya yang selama ini pernah dibuat. Umumnya, kamu yang dari jurusan desain, kesenian hingga jurnalistik memerlukan portfolio agar perusahaan bisa mengenali dirimu lebih jauh.

Nah, portfolio ini pun penting untuk kamu bangun sedini mungkin sebelum kamu lulus kuliah. Ini dia alasannya:

Mencuri Start

Saat sudah lulus dari perkuliahan dan mulai mencari kerja, teman-temanmu tentu akan melakukan hal yang sama. Bedanya, jika kamu sudah membangun portfolio sebelum lulus kamu pasti bisa melamar pekerjaan lebih dulu dibandingkan dengan teman-temanmu, karena kamu sudah siap dengan segala dokumennya. Tentu saja, di sini setidaknya peluangmu lebih besar.

CV Menjadi Lebih Terpercaya

Bagi kamu yang pekerjaannya berhubungan dengan seni, sebuah CV saja tentu tidak cukup. Perusahaan perlu melihat hasil karya apa saja yang pernah kamu buat sebagai bahan pertimbangan mereka. Bahkan, terkadang mereka hanya melihatmu dari portfolio saja, lho!

Menunjukkan Jati Diri

Setiap orang tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Bisa jadi portfoliomu terkesan begitu futuristik, atau kamu memiliki aliran minimalis, ataupun karakter lainnya. Hal ini tentu berhubungan dengan lingkup pekerjaanmu nanti. Apakah kamu lebih cocok di bidang atau perusahaan yang bergaya bebas, tertata, atau lebih ke kreatif?

Dapat Memilik yang Terbaik

Dokumentasikan atau masukkan dalam portfolio setiap karya yang kamu hasilkan. Ini untuk mencegah karyamu mendadak hilang. Kamu tidak pernah tahu bahwa kamu akan membutuhkannya, kan? Saat sudah lulus nanti, kamu pun bisa memilah hasil karyamu dari awal hingga akhir, tanpa ada satupun yang terlewat.

Dapat Bekerja Sambilan

Sekarang sudah banyak, lho, anak-anak desain yang memiliki pekerjaan sambilan ataupun menjadi seorang freelance di sela-sela kuliah. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan sambilan ini dengan mengajukan portfoliomu yang ada ke berbagai perusahaan.

Tak perlu banyak bertanya lagi, yuk, segera bangun portfolio kamu mulai sekarang!

Sumber Referensi: IDN Times

Komentar