Kamu Mahasiswa Baru? Hindari 4 Kebiasaan Hal Ini

mempelajari-berbagai-rumus-dan-kemungkinan

Tanpa terasa masa-masa sekolah sudah terlewati. Saat ini kamu sudah masuk ke dalam kehidupan kampus dan beradaptasi dengan hal-hal baru. Tentunya kamu pasti menemukan banyak perbedaan yang tidak jarang membuat kamu sedikit “kagok”. Nah, teruntuk kamu yang masih menjalani satu tahun pertama di dunia perkuliahan atau nantinya akan masuk kuliah sebaiknya menghindar dari hal-hal berikut.

  1. Jadi mahasiswa “kupu-kupu”

Mungkin sebagian dari mahasiswa baru masih menganggap bahwa kuliah hanyalah sebatas hadir di kelas saat dosen mengajar. Padahal sebaliknya. Justru di kampuslah mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan dan minat bakatnya. Anggapan ingin mendapat nilai baik dan lulus dengan cepat masih melekat cukup kuat ditambah lagi mahasiswa baru cukup kesulitan dengan banyaknya tugas di awal perkuliahan. Sebaiknya kamu mulai mencari dan mengikuti kegiatan yang kamu minati serta mulai membiasakan mengatur waktu agar bisa menyeimbangkan antara kuliah dengan kegiatan.

  1. Terlalu banyak ikut kegiatan

Semua yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Ya, memang baik kalau di tahun pertama kuliah kamu ikut kegiatan ini-itu. Tetapi, jangan terlalu banyak juga karena justru akan merepotkan kamu. Mahasiwa baru cenderung memiliki tingkat rasa ingin tahu yang tinggi sehingga ingin coba ini-itu. So, pilihlah satu atau dua kegiatan yang menjadi prioritasmu.

  1. Ogah mencari tahu informasi kampus

Mahasiswa dituntut untuk mandiri, termasuk dalam hal mengakses informasi. Informasi terkait kampus itu sendiri, beasiswa, dan lainnya terkadang tidak diumumkan secara luas. Dalam artian, informasi tersebut harus kita sendiri yang mencarinya atau hanya sebatas ditempel di papan pengumuman. Oleh karena itu, mahasiswa baru jangan bosan untuk selalu update informasi penting yang ada di kampus.

  1. Masih membawa kebiasaan buruk sewaktu di sekolah

Di awal perkuliahan mungkin banyak dari mahasiswa baru yang masih terbawa masa sekolah. Sebaiknya jangan bawa kebiasaan buruk sewaktu sekolah ke dunia perkuliahan. Seperti bolos, mencontek, atau datang terlambat. Mulai untuk membuang kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut karena tidak baik jika terus dipelihara.

Editor: Afiqie Fadhihansah

Komentar



error: Konten dilindungi!