6 Jawaban yang Ingin Didengar Pewawancara Saat Wawancara Kerja

wawancara-kerja

Saat Anda melakukan wawancara kerja, pewawancara pasti akan menanyakan banyak hal tentang diri Anda, skill, dan pengalaman kerja yang Anda miliki. Namun, apakah Anda tahu sebenarnya apa yang dicari oleh pewawancara? Tahukah Anda? Sebagian besar pelamar kerja fresh graduated tidak tahu kenapa pewawancara mengajukan pertanyaan khusus. Mereka hanya berpikir bahwa ini hanyalah pertanyaan biasa yang harus dijawab se-sempurna mungkin agar sesuai dengan keinginan perusahaan. Pada kenyataannya, pewawancara tidak punya banyak waktu untuk mewawancarai karena ia ingin menaksir kualifikasi pelamar kerja dengan cepat dari jawaban yang Anda berikan. Untuk itu, simak beberapa hal yang ingin didengar pewawancara saat wawancara kerja.

Berikan Jawaban Tepat Saat Melakukan Wawancara Kerja

1. Apakah Anda Memiliki Skill Untuk Pekerjaan Ini?

Hal pertama yang ingin diketahui oleh pewawancara tentu saja apakah Anda memiliki skill untuk posisi yang Anda lamar. Sebagai contoh, pengetahuan programming untuk database administration atau kemampuan menulis untuk seorang reporter tentu harus dikuasai. Selain itu, pewawancara juga ingin tahu apakah Anda bisa bekerja secara bersama tim. Jika semua jawaban dianggap memuaskan, pewawancara pun makin tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Anda.

2. Menurut Anda, Apakah Anda Cocok Untuk Posisi Ini?

Semua perusahaan yang hendak merekrut karyawan baru tentu berpikir apakah Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar dan berpotensi menjadi karyawan ideal bagi perusahaan atau tidak. Ini artinya pewawancara sedang berusaha untuk menunjukan sesuatu dengan tepat, baik untuk perusahaan dan aktivitas departemen, tetapi juga apakah Anda dapat melengkapi talenta pekerja lain sehingga tim kerja menjadi lebih bervariasi dan unggul.

3. Apakah Anda Memahami Visi Perusahaan dan Tujuannya?

Bila menurut Anda perusahaan yang Anda lamar cocok dengan aspirasi karir atau sesuai denganpassion Anda, secara natural Anda akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan akan tinggal di perusahan tersebut lebih lama. Pewawancara tidak ingin karyawan mengambil posisi berdasarkan skill semata. Perusahaan ingin Anda tertarik dengan apa yang dilakukan perusahaan dan mendukung penuh visi dan misi perusahaan.

4. Bagaimana Anda Membuat Kesimpulan Tentang Kompetisi?

Anda akan dievaluasi dan diperbandingkan dengan kandidat lain untuk pekerjaan ini. Dengan kata lain, ini adalah sebuah tes yang dapat memberi gambaran tentang bagaimana Anda memandang sebuah kompetisi dalam pekerjaan. Karena itulah kenapa dalam seleksi wawancara kerja, pewawancara akan selalu membandingkan kinerja Anda dengan pelamar kerja lain.

5. Apakah Anda Memiliki Mind-Set yang Tepat Untuk Pekerjaan dan Perusahaan?

Saat melakukan wawancara kerja, pewawancara selalu mencari kandidat karyawan yang memiliki perilaku ‘dapat melakukan’ sesuatu. Perusahaan menginginkan seseorang yang ingin ditantang dan memiliki motivasi diri untuk melakukannya dengan baik. Tidak ada seorang pun yang dapat melatih seseorang untuk memiliki karakter ‘menerima tantangan’ dan karena itulah perusahaan tertarik dengan pelamar kerja yang suka tantangan.

6. Apakah Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?

Sebagian besar pewawancara yang sedang melakukan seleksi wawancara kerja tahu betul siapa-siapa saja yang menginginkan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Pewawancara dapat membaca hal itu dari binar mata pelamar kerja saat mengeksplorasi berbagai pertanyaan untuk mengetahui Anda secara menyeluruh. Jika Anda ogah-ogahan saat menjawab pertanyaan, menunjukan body languageyang seolah tidak antusias, atau tidak menjawab pertanyaan dengan sempurna, bisa jadi pewawancara melakukan interview secara singkat. Kenapa? Karena ia sudah tidak tertarik lagi dengan Anda.

Menjawab pertanyaan selama wawancara kerja perlu dilakukan dengan antusias dan penuh motivasi. Dan dengan menunjukan skill dan pengalaman kerja yang Anda miliki, pewawancara pun akan tertarik untuk merekrut Anda sebagai pegawai.

Komentar



error: Konten dilindungi!