Mengenal Beberapa Tahapan Tes untuk Rekrutmen PT PLN

pln

Perusahaan besar banyak diminati oleh para pelamar kerja, seperti perusahaan listrik di Indonesia yaitu PLN. Setiap tahunnya PT PLN seringkali melakukan tes besar-besaran untuk merekrut orang-orang pilihan sesuai standar perusahaan. Peminat untuk perusahaan milik negara ini memang sulit terbendung, oleh karena itu telah disiapkan beberapa tahapan tes sebagai alat penyaring kandidat yang melamar.

Tidak tanggung-tanggung peserta yang mengikuti tes demi bekerja di PLN ini bisa mencapai puluhan ribuan orang. Pihak perusahaan juga menyiapkan tahapan tes dengan sebaiknya agar peserta yang lolos termasuk kandidar terbaik. Sebelum Anda mengikuti tes kerja di perusahaan PLN ini, ada baiknya Anda mengenal seperti apa tahapan tes untuk rekrutmen di PT PLN.

Tahapan Tes Rekrutmen PT PLN

1. Tahapan Administrasi

Proses pertama yang harus Anda lewati lebih dulu adalah tahapan administrasi atau sering disebut juga CV screening. Untuk lolos dari tahapan pertama ini, hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah persyaratan yang dibuat perusahaan. Jika persyaratan atau spesifikasi tidak sesuai dengan Anda maka sudah bisa dipastikan Anda akan sulit untuk lolos.

Persyaratan umum biasanya mencangkup latar belakang pendidikan, kesehatan, tidak memiliki catatan hitam, usia, dan kompetensi diri. Kunci sukses untuk menghadapi tahapan ini adalah mengevaluasi diri apakah cocok dengan persyaratan yang diberikan, juga membuat resume atau CV semenarik dan seinformatif mungkin.

2. Tahapan GAT (General Aptitude Test)

Pada tahapan kedua ini Anda akan menghadapi sebuah tes yang mengukur daya pikir, kemampuan verbal juga non-verbal, dan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas otak. Tes ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan pembagian waktu tes mencapai 3 giliran waktu (pukul 8, 10, dan 1 siang). Dalam tes ini Anda akan menemukan soal hitungan matematika, soal hitungan sederhana dalam bentuk cerita, soal gambar bangun datar yang terpotong-potong, soal tentang kubus yang dibolak-balik, dan soal mengenai kemampuan verbal.

3. Tahapan Tes Akademik dan Bahasa Inggris

Jika Anda lolos tahap tes GAT ini, maka bersiap untuk menghadapi tes akademik dan bahasa Inggris. Pada tahapan tes ini Anda akan dihadapakan pada dua macam tes yang dikerjakan di hari yang sama. Tes bahasa Inggris menjadi pembuka pada tahapan tes ini, dimana Anda akan dihadapkan dengan 50 soal pilihan ganda.

Untuk tes akademik, Anda hanya diberikan soal sesuai dengan jurusan yang Anda miliki. Soal juga terdiri dari 50 buah pilihan ganda. Dalam mengerjakan kedua tes ini berlaku sistem minus, yaitu jika benar bernilai +4 dan jika salah -1, maka pilih jawaban yang Anda yakini benar.

4. Tahapan Psikotes

Berdasarkan informasi yang beredar, yang gugur dari tahapan tes akademis dan bahasa Inggris mencapai 30% dari jumlah peserta. Itu artinya jika Anda lolos, Anda adalah 70% orang yang akan kembali berkompetisi dalam tes berikutnya yaitu psikotes. Pada tahapan ini, Anda cenderung diberikan soal-soal yang menunjukkan siapa Anda sebenarnya secara pendekatan psikologi. Pertama Anda akan disajikan dengan soal yang terdiri dari 90 butir pernyataan yang untuk setiap nomor memiliki dua pernyataan yang berbeda. Satu dari dua pernyataan ini harus Anda pilih karena hasilnya akan menggambarkan kepribadian Anda.

Setelah itu Anda akan mengerjakan tes gambar menggambar. Bagian pertama dari wartegg tes adalah 8 kolom yang berisi potongan gambar yang harus Anda selesaikan. Dimana bagian kedua, Anda harus menggambar manusia dengan syarat manusia atau orang yang Anda gambar tidak boleh berbentuk kartun dan karikatur. Bagian ketiga menggambar pohon yang berkambium atau berbatang. Setelah semua selesai tahapan tes ini ditutup dengan tes Koran atau Pauli.

5. Tes Fisik dan Tes Lab

Faktanya, hampir lebih dari 50% kandidat gugur karena hasil cek kesehatan yang tidak sesuai. Seperti yang diketahui jika biaya kesehatan di PLN sendiri ditanggung penuh oleh perusahaan sehingga standar kesehatan yang dipakai PLN cukup ketat.

6. Wawancara

Jika dalam tes kesehatan Anda lolos dan hasilnya menunjukkan Anda sehat maka Anda akan lanjut tahapan wawancara. Dari informasi yang beredar, hampir 95% kandidat yang lolos tes fisik dan tes lab akan lolos saat wawancara nantinya.

Komentar



error: Konten dilindungi!