Cara Mudah Membuat Formulir Pendaftaran di MS Word

cara-mengisi-formulir-tes-kesehatan-keuangan-keluarga-perencana-keuangan-independen-finansialku

Sobat pasti pernah mengisi formulir pendaftarar, entah itu pendaftaran saat memasuki sekolah, melamar kerja atau bahkan mengikuti sebuah perlombaan. Biasanya dalam formulir pendaftaran itu banyak kolom-kolom yang harus diisi. Bahkan ada kolom kecil dalam kolom atau table.

Jika mengisi formulir pendaftaran mungkin tidak terlalu susah, karena hanya tinggal mengisi, tapi apakah soabt pernah mendapat tugas untuk membuat formulir pendaftaran di Microsoft word yang memiliki banyak table dan kolom yang di dalamnya banyak kotak-kotak kecil.

Jika sobat kesulitan untuk membuat formulir pendaftaran seperti itu di Microsoft word, sekarang sobat berada ditempat yang tepat, karena saya akan share cara sederhana membuat formulir pendaftaran di Microsoft word.

Ide membuat formulir pendaftaran di Microsoft word ini berawal ketika saya mendapat tugas untuk membuat formulir pendaftaran kejuaraan daerah karate INKANAS Banten yang telah berlangsung pada bulan November lalu yang salah satu syaratnya adalah surat izin dari orang tua. Daripada hanya disimpen di computer, mendingan saya share juga di blog ini. yuk kita langsung menuju TKP…

Cara membuat formulir pendaftaran di Microsoft word.

  1. Buka Microsoft wordsobat, kemudian buat lembar kerja baru. Silahkan atur ukuran kertas menjadi A4. Pengaturannya ada di menu page layout.
  1. Silahkan buat judul formulir pendaftaran. Sebagai contoh saya menulis FORMULIR PENDAFTARAN PESERTAKEJUARAAN DAERAH INKANAS PROVINSI BANTEN 2016“PIALA DAERAH TH 2016”Silahkan ganti dengan kata-kata sesuai kebutuhan.
  1. Buat sebuah table 2 kolom 10 baris dengan cara klik insert > table > insert tableJumlah table dan kolom sesuaikan dengan kebutuhan. 

2-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Silahkan isi kata-kata pada kolom jawaban yang berada disebelah kiri. Seperti no registrasi, nama lengkap dan lain-lain.

3-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Silahkan sobat ketik tanggal, bulan dan tahundengan jarak yang aga lebar. Kemudian enter dua kali.

4-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Sekarang kita akan membuat kotak-kotak kecil, yang ini mungkin agak susah pengaturannya untuk para pemula. Klik menu insert > shapes > rectangle kemudian mulailah membuat kotak kecil. Silahkan sesuaikan supaya pas. Dan tempatkan tepat di bawah tulisan tanggal.

5-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Klik kotak kecil yang tadi sobat, kemudian klik Ctrl+Clalu Ctrl+Vlalu atur posisinya seperti gambar berikut ini. untuk menggeser kitak-kotak kecil sobat bisa menggunakan mouse atau langsung tombol panah arah kanan, kiri, atas dan bawah. Jika ingin menggeser kotak kecil sedikit-sedikit tahan tombol shift saat menekan tombol panah.

6-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Cara membuat kotak kecil pada kolom-kolom berikutnya caranya sama seperti pada nomor 6 dan 7. Jadi silahkan lakukan sendiri yah. Sebagai contoh hasilnya adalah seperti berikut ini.

7-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

  1. Sekarang kita akan membuat kotak untuk menempelkan pas photo. Caranya silahkan sobat buat kotak seperti pada langkah nomor 6. Kemudian untuk mengatur ukurannya silahkan klik menu format > sizekemudian silahkan atur sesuai tempat pas photo yang di perlukan.

8-cara-membuat-formulir-pendaftaran-di-microsoft-word

Sampai disini sepertinya formulir pendaftaran sudah selesai dibuat. Sebelum di printout pastikan sobat mengechek kembali supaya tidak ada yang salah. Apalagi untuk jumlah banyak. Semoga bermanfaat.

Sebelum sobat menutup Artikel Cara mudah membuat formulir pendaftaran di ms word ini, silahkan berikan masukannya di kolom komentar ya. Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share 🙂 Agar semua orang tahu..

Source : tutorial89.com

Komentar



error: Konten dilindungi!