Sekitar 16.500 Orang Akan Bersaing Demi Dapatkan Beasiswa LPDP

slide1

Sekitar 16.500 anak muda Indonesia memadati kantor Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati untuk mengikuti pameran pendidikan tinggi yang diselenggarakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Di pameran tersebut, pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar program beasiswa LPDP hingga mencari informasi kampus mitra LPDP untuk melanjutkan pendidikan. Antrean para peserta LPDP Edufair 2017 sudah membludak sejak pagi di area Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat. Bahkan antrean sampai tumpah ke jalan, namun masih tertib.

Tujuan Mereka Hanya Satu, Yaitu Mendapatkan Informasi Sebanyak-banyaknya Mengenai LPDP

Tujuan mereka hanya satu, yaitu ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya seputar universitas atau perguruan tinggi mitra LPDP dan beasiswa yang setiap tahun disebar lembaga di bawah Kemenkeu itu. Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Hadiyanto, LPDP menggelar Edufair di tiga kota, yakni Jakarta pada 31 Januari, Surabaya 2 Februari mendatang dan menyusul 4 Februari di Yogyakarta.

“Target peserta di LPDP Edufair mencapai 40 ribu peserta, tapi khusus di Jakarta, pengunjungnya sudah mencapai 16.500 orang. Yang ikut pameran ada 90 dari universitas dan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri,” ujar Hadiyanto saat membuka LPDP Edufair.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menambahkan, pameran pendidikan tinggi yang ke-3 yang menarik 16.500 pengunjung ini menunjukkan minat yang tinggi dari anak-anak muda Indonesia untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Jumlah pengunjung 16.500 orang menunjukkan banyak anak muda Indonesia yang antusias meneruskan pendidikannya di atas S1. Karena pada saat yang sama, pemerintah serius dalam investasi di sumber daya manusia,” lanjutnya.

Sri Mulyani mengatakan, total dana kelolaan LPDP sejak 5 tahun lalu sampai saat ini mencapai Rp. 22,5 triliun. Alokasi anggaran negara untuk lembaga di bawah Kementerian Keuangan tersebut baru Rp. 1 triliun pada 2012 dan jumlahnya mencapai Rp. 2,5 triliun di 2017.

“Tahun ini tambahan Rp. 2,5 triliun, jadi total dana kelolaan LPDP Rp. 22,5 triliun. Anggaran ini bisa dipakai untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia di dalam dan luar negeri,” tegas dia.

Sementara itu, Direktur LPDP, Eko Prasetyo mengungkapkan, pihaknya berencana memberangkatkan 5.000 penerima beasiswa di tahun ini. LPDP membuka proses seleksi 4 kali dalam setahun.

“Kita akan berangkatkan 5.000 penerima beasiswa yang diambil dari hasil seleksi yang akan kita selenggarakan di beberapa kota. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” ungkapnya.

Dari data LPDP, hingga saat ini, total penerima beasiswa LPDP mencapai 16.293 penerima. Sebanyak 10.406 penerima beasiswa masih menjalani perkuliahan, sementara 1.500 tercatat sebagai alumni LPDP. Dari jumlah 16.293 penerima beasiswa, sebanyak 10.523 mahasiswa S2 dan sekitar 3.864 untuk program doktor S3.

Komentar



error: Konten dilindungi!