Jika Informasi ini bermanfaat, jangan lupa share di medsos kamu :)

" />

Hindari 3 Kesalahan Fatal Ini Ketika Ingin Kuliah di Luar Negeri

why-undergraduate-studies-abroad

Jenjang pendidikan merupakan modal paling utama untuk mendapatkan karir yang gemilang. Semua orang berbondong-bondong mencari tempat sekolah dan kuliah dengan akreditasi program studi yang terbaik. Berbicara soal kuliah pasti tidak luput dengan pilihan sebagian orang yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Selain kualitas pendidikan yang bagus, kuliah di luar negeri mampu memberikan banyak pengalaman baru yang bermanfaat. Namun, saat akan memilih kampus tujuan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut adalah 3 kesalahan fatal yang harus dihindari ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

Tidak Ada Gambaran Soal Biaya

fee
Sumber : enaindia

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri berarti Anda juga harus memiliki gambaran mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Biaya pendidikan di luar negeri sudah pasti cenderung jauh lebih mahal daripada pendidikan dalam negeri. Coba targetkan dulu di kampus dan negara mana yang akan dituju, karena tiap-tiap negara juga memiliki biaya hidup yang berbeda-beda.

Apabila Anda adalah orang yang menerima beasiswa, maka pengeluaran biaya tentu jauh menjadi lebih hemat. Namun, Anda juga tidak boleh tutup mata mengenai biaya karena Anda pasti membutuhkan banyak kebutuhan lain di samping biaya kuliah. Pastikan untuk meriset secara detail dari biaya makan, kesehatan, maupun hiburan. Akan lebih baik jika Anda memilih negara yang memperbolehkan mahasiswa untuk bekerja paruh waktu, guna meringankan beban keuangan.

Memilih Kampus Secara Acak

Campus
Sumber : study

Banyak orang yang biasanya memilih tempat kuliah berdasarkan popularitas atau ikut-ikutan orang saja, daripada alasan mendalam dari kampus tersebut. Sebelum memutuskan berangkat kuliah ke luar negeri, lakukan riset mendalam mengenai kampus-kampus yang ingin dituju. Bandingkan kualifikasi tiap kampus dengan bidang studi yang ingin Anda ambil.

Selanjutnya, Anda juga dapat melihat faktor geografis di kampus tersebut. Apabila Anda adalah orang yang memiliki alergi terhadap udara dingin, hindari memilih tempat kuliah di negara-negara 4 musim. Selain itu, Anda harus mencari tahu tentang akomoditas tempat tinggal di sekitar kampus. Apakah dekat atau jauh dari kampus? Apabila jauh, pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas transportasi umum yang memadai untuk perjalanan pulang pergi kampus.

Tidak Mampu Berbahasa Asing

Foreign Language
Sumber : fluentu

Satu lagi kesalahan fatal yang harus dihindari adalah ketidakmampuan berbahasa asing. Bahasa asing merupakan modal utama yang Anda butuhkan untuk dapat hidup dan bersekolah di luar negeri. Tentu, Anda dapat datang dan mempelajari langsung bahasa asing di negara bersangkutan. Namun dengan begitu, waktu dan biaya Anda terbuang lebih banyak.

Minimal kuasailah Bahasa Inggris, karena ini bahasa internasional yang sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan di banyak negara. Sebelum berangkat ke luar negeri, Anda dapat mengambil kursus bahasa Inggris untuk persiapan lebih matang. Apabila Anda hanya memiliki waktu yang sempit, maka ambillah program kelas intensif. Dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik, dijamin Anda akan mampu beradaptasi lebih baik di negara manapun.

Demikian 3 kesalahan fatal yang wajib dhindari saat memutuskan kuliah ke luar negeri. Dengan persiapan yang matang, proses dan waktu belajar Anda akan jauh menjadi lebih efektif. Ditambah lagi, Anda mendapatkan banyak pelajaran berharga dari kehidupan di negara-negara asing. Semoga bermanfaat.

Komentar



error: Konten dilindungi!