Hal Inilah yang Selalu Menjadi Kekhawatiran Terbesar Calon PNS

pns

Profesi PNS (Pegawai Negeri Sipil) selalu dilirik banyak orang dari tahun ke tahun. Umumnya, pencari kerja tertarik dengan jaminan masa tua yang akan dinikmati para pegawai. Meskipun tahapan seleksinya terkenal lumayan sulit, akan tetapi pada saat ada penerimaan pegawai baru mereka dengan tidak ragu lagu segera mendaftarkan diri untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil di instansi-instansi pemerintah.

Walaupun begitu, cita-cita menjadi seorang abdi Negara kadang tidak cukup menutupi kekhawatiran yang dirasakan para calon PNS. Desus-desus yang sering beredar di tengah masyarakat, membuat mereka terus berusaha meyakinkan diri bahwa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil merupakan keputusan yang paling tepat.

Bagi Anda yang ingin mencalonkan menjadi Pegawai Negeri Sipil, Anda harus mempertimbangkan hal apa saja yang selalu menjadi kekhawatiran terbesar calon PNS agar Anda telah mengambil keputusan yang tepat dan tidak menyesal nantinya. Berikut ada beberapa hal yang harus yang selalu menjadi kekhawatiran terbesar calon PNS :

1. Citra Negatif

PNS adalah salah satu profesi yang kerap kali menjadi buah bibir masyarakat. Meskipun yang dibicarakan belum pasti kebenarannya, namun tidak jarang hal ini tetap meresahkan hati para pegawai. Sosok PNS sebagai pelaksana pelayanan publik kerap kali tercoreng namanya dengan pemberitaan di media. Hasilnya, integritas dan profesionalisme yang mereka miliki pun dipertanyakan. Padahal apa yang dilihat oleh masyarakat, belum tentu mewakili keadaan yang sebenarnya.

Citra negatif yang sudah melekat di dalam diri PNS, tidak seharusnya mematahkan semangat Anda. Justru, Anda harus merasa lebih termotivasi untuk membenahi asumsi yang tidak didengar tersebut. Memang akan terasa sulit membangun kembali kepercayaan publik. Tapi paling tidak, Anda bisa membuktikan bahwa seorang Pegawai Negeri Sipil bisa memenuhi tanggung jawab kepada Negara.

2. Penghasilan Kecil

Banyak yang mengatakan, “Jika ingin kaya, jangan menjadi seorang PNS”. Pada saat mendengar kalimat ini, mungkin Anda akan berulang kali untuk menjadi seorang  pegawai negeri. Apalagi jika Anda merasa takut kebutuhan Anda dan juga keluarga akan sulit terpenuhi. Tapi pada kenyataannya, selain menerima gaji pokok pegawai negeri juga berhak untuk mendapatkan berbagai macam tunjangan yang belum tentu bisa Anda nikmati bila bekerja di sektor swasta.

Di setiap bulannya, seorang pegawai negeri akan menerima gaji pokok berikut dengan tunjangan istri atau suami, tunjangan jabatan, tunjangan anak, bahkan tunjangan beras. Belum lagi, ada pemasukan tambahan pemasukan yang didapatkan dari perjalanan dinas. Bahkan, ada salah satu pegawai negeri dari sebuah instansi pemerintah yang mengatakan dari benefitnya itu bisa mensejahterakan hidupnya.

3. Pekerjaan Monoton

Kekhawatiran lain yang kerap dirasakan oleh calon PNS ialah adanya keterbatasan dalam mengeksplore bakat dan kemampuan. Bahkan, untuk melakukan kegiatan usaha dagang di luar pekerjaan. Seorang pegawai negeri harus tunduk pada aturan yang lumayan ketat. Berbeda dengan pegawai swasta yang bisa kapan saja pindah perusahaan, industri bahkan beralih profesi. Pegawai negeri pun identik dengan rutinitas dengan jam kerja yang lebih singkat.

Pada faktanya, ketersediaan waktu yang lebih luang justru bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu dan menggali potensi yang dimiliki. Lagipula selama Anda patuh pada aturan Anda masih bisa meraih kesempatan bagus di luar kantor. Di sisi lain, peluang Anda untuk bisa melanjutkan pendidikan terbuka dengan sangat lebar. Tidak hanya melalui instansi tempat Anda bekerja saja, tapi lembaga penyedia beasiswa yang biasanya membuat banyak peluang khusus bagi pegawai negeri.

Mungkin setelah mengetahui hal tersebut, Anda akan memiliki pertimbangan yang matang untuk menjadi seorang PNS.

Semoga bermanfaat

Komentar



error: Konten dilindungi!