Jika Informasi ini bermanfaat, jangan lupa share di medsos kamu :)

" />

8 Tips Mempersiapkan Karir Selagi Masih Kuliah

kuliah-di-luar-negeri-dua-jurusan-kuliah

Mempersiapkan karir sejak masih kuliah merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hal yang dipelajari dan dilakukan selama kuliah ternyata memberikan pengaruh besar pada karir seseorang, baik langsung atau tidak. Meskipun pada saat masuk ke perguruan tinggi atau saat memilih jurusan belum berpikir apa yang akan Anda lakukan pada saat berkarir nanti, pada semester tertentu sebagian besar orang akan berhasil menemukan apa yang dilakukan saat berkarir nantinya. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya passion, mata kuliah, pengalaman dalam berorganisasi, faktor pergaulan, tuntunan orang tua atau keluarga. Mungkin Anda bertanya-tanya hal apa saja yang harus dipersiapkan saat masih kuliah guna mendukung karir Anda di masa depan? Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Mencari Tahu Passion Anda

passion

Pada saat memilih perguruan tinggi atau jurusan, pastikan bahwa pasion dan minatmu sesuai dengan apa yang Anda pilih. Jangan sampai Anda menggeluti hal yang tidak Anda sukai. Meskipun demikian, hal tersebut dipengaruhi oleh aspek-aspek yang lain seperti seperti ekspektasi orang tua atau keluarga, lokasi, kondisi keuangan, dan aspek yang lain.

2. Bersungguh-Sungguh dalam Belajar

 

Menjadi seorang mahasiswa berarti Anda sudah cukup dewasa untuk menentukan sebuah pilihan. Anda harus bertanggung jawab atas apa yang Anda pilih dengan cara bersungguh-sungguh mendalamai apa yang Anda terima. Terlebih biaya kuliah saat ini tidaklah murah.

Jangan pernah sia-siakan hasil dari jerih payah orang tua Anda. Bila Anda berprestasi, bukan tidak mungkin Anda akan menerima beasiswa baik dari pihak kampus maupun organisasi yang lain.

3. Membangun Relasi

 

Membangun sebuah relasi yang baik dengan dosen, teman satu kampus atau satu jurusan merupakan hal yang tidak salah untuk dilakukan. Anda tidak akan pernah menduga peluang atau kesempatan apa yang mungkin bisa dibangun bersama atau bagaimana Anda dan relasi Anda akan saling berkontribusi satu sama lain di masa yang akan datang.

4. Aktif dalam Berorganisasi

 

Selain jurusan yang Anda ambil, pilihlah satu atau dua organisasi yang sesuai dengan minat Anda. Aktif dalam berorganisi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), keterampilan kepemimpinan leadership dan komunikasi akan terasah. Anda pun akan berpikir lebih kritis dan terbuka pada suatu hal.

5. Memperdalam Keahlian

memperdalam keahlian

Bila Anda merasa ahli bahkan bisa berprestasi dalam mata kuliah atau bidang tertentu, maka perdalami bidang tersebut. Dengan adanya hal itu, tidak menutup kemungkinan bahwa mata kuliah atau bidang itulah yang harus Anda geluti pada saat berkarir nanti. Jika demikian Anda sudah memiliki persiapan yang matang bukan?

6. Mengatur Waktu dan Memilih Hal Positif

 

Jika Anda aktif beroganisasi, maka Anda harus mengimbanginya dengan kemampuan memanage waktu yang baik. Anda harus pintar dalam membagi waktu dan harus pintar dalam memilih aktivitas. Anda harus berani mengatakan tidak pada ajakan yang mengarah pada hal yang tidak terlalu bermanfaat. Ingatlah bahwa tujuan Anda ke kampus adalah untuk kuliah.

7. Bahasa Asing

 

Kemapuan dalam berbahasa asing minimal pasif sudah menjadi standar requirement hampir semua perusahaan saat ini. Bahkan, perusahaan lokal pun menerapkan standar tersebut. Gunakanlah masa kuliah Anda untuk mempelajari Bahasa Inggris dan bahasa asing lain jika memang memungkinkan.

8. Disiplin dan Kerja Keras

disiplin dan kerja keras

Perlu Anda ingat, kesuksesan tidak dicapai hanya dengan satu malam saja. Suatu hal yang datang secara instan biasanya akan hilang secara instan juga. Maka dari itu, tanamkanlah kebiasaan disiplin dan bekerja keras selama Anda kuliah agat tidak kaget pada saat bekerja nanti.

Itulah tips mempersiapkan karir selagi masih kuliah yang bisa diterapkan saat ini juga.

Komentar



error: Konten dilindungi!