5 Trik Cerdas Mengatur Keuangan untuk yang Kuliah Sambil Bekerja

mengatur-keuangan

Kuliah sambil kerja mungkin sering dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin lebih mandiri tanpa menyusahkan orang tua. Kuliah sambil bekerja ini bisa dilakukan bagi Anda yang masih single atau pun bagi yang sudah berkeluarga. Menuntut ilmu tak pernah mengenal usia. Jadi, berapa pun usia Anda ilmu itu tetap berperan sangat penting dalam kehidupan. Namun ternyata, mengatur keuangan saat bekerja sambil kuliah itu tidak mudah. Anda perlu mengetahui trik-triknya supaya semua bisa berjalan secara seimbang.

Manajemen keuangan saat bekerja sambil kuliah ternyata juga menjadi tantangan tersendiri. Supaya waktu kuliah dan bekerja tidak terganggu akibat manajemen keuangan yang kurang baik, maka Anda harus mengetahui beberapa trik cerdas dalam mengatur keuangannya.

1. Hitung Biaya Kebutuhan Sehari-Hari

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui pola konsumsi dan pengeluaran sehari-hari selama sebulan. Hal ini penting agar nantinya Anda bisa menyisihkan kebutuhan untuk membayar kuliah Anda.

2. Buat Proporsi Alokasi Gaji yang Ideal

Berdasarkan penghasilan Anda, tentukan alokasi yang ideal untuk penggunaan gaji Anda. Alokasikan gaji secara tepat supaya semua biaya kuliah dan kebutuhan hidup terpenuhi dengan baik.

3. Lakukan Penghematan Jika Kebutuhan Biaya Bulanan Tidak Terpenuhi

Jika pengeluaran di luar biaya kuliah, makan, tempat tinggal, dan tabungan tidak memenuhi proporsi ideal, maka Anda perlu mencari cara untuk menghemat kebutuhan biaya bulanan Anda.

4. Sisihkan Tabungan dan Biaya Kuliah Setelah Menerima Gaji

Untuk antisipasi penggunaan biaya yang tidak sesuai, bukalah rekening tabungan yang terpisah dari rekening transaksi sehari-sehari Anda. Jadi, setelah mendapatkan gaji, segera transfer ke rekening tersebut sesuai alokasi tabungan dan biaya kuliah Anda.

5. Ajukan Beasiswa untuk Meringankan Biaya Kuliah

Tanyakan informasi seputar beasiswa ke bagian administrasi untuk meringankan biaya kuliah Anda. Jika biaya kuliah Anda bisa dibuat lebih ringan, tentu Anda bisa menambah alokasi untuk tabungan atau biaya rutin yang tidak bisa dihemat lebih jauh.

Itulah 5 trik cerdas untuk mengatur keuangan ketika kuliah sambil bekerja.

Komentar



error: Konten dilindungi!