5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memilih Universitas

vnvbmznh-1440122042

Pendidikan tidak harus selalu didapatkan di sekolah. Bisa dari keluarga, lingkungan, atau komunitas. Pendidikan menjadi salah satu hal penting yang paling diutamakan, karena menjadi pilar penting dalam kehidupan. Hal tersebut membuat para akademisi harus bisa memilih universitas yang cocok untuk pengembangan ilmunya. Memilih universitas sama halnya dengan memilih sekolah SD, SMP hingga SMA. Namun, saat memilih universitas dituntut untuk benar-benar menemukan kualifikasi kampus yang tepat.

Jika saat memilih sekolah, Anda hanya melihat reputasi, program ajaran, dan kualitas pengajaran. Saat memilih universitas Anda tidak hanya melihat sebatas itu saja, karena universitas pilihan Anda sangat berpeluang dalam menentukan alur kehidupan Anda sesudahnya. Memilih universitas tidak hanya mempermasalahkan kualitas universitasnya sendiri, namun kecocokan universitas tersebut dengan rencana hidup sesudah Anda lulus kuliah. Agar Anda tidak salah pilih universitas, coba perhatikan beberapa hal penting sebelum memilih universitas yang diinginkan.

1. Persyaratan Masuk

Saat Anda hendak memilih universitas, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah syarat masuk universitas tersebut. Mengapa persyaratan masuk menjadi penting? Hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur apakah Anda bisa masuk kualifikasi atau tidak. Sebab jika sebesar apapun keiniginan Anda untuk masuk universitas tersebut, jika ada persyaratan yang tidak bisa dipenuhi maka akan percuma. Jadi coba cek lebih dulu sebelum melangkah lebih jauh.

2. Jenis Universitas

Saat memilih universitas itu artinya masa depan Anda juga sedang diperhitungkan. Cobalah melihat rencana hidup yang sudah Anda buat sebagai referensi apakah dengan memilih universitas tersebut cita-cita Anda tercapai atau tidak. Jenis universitas sendiri bervariasi, dimanan ditandai dengan reputasi dan prestasi yang melekat. Ada universitas yang aktif dalam politik, terkenal populer karena menjadi universitas dengan prestasi dan program studi terbaik pada bidang tertentu, memiliki banyak perkumpulan atau senat yang bagus, dan sebagainya. Jadi pertimbangkan jenis universitas yang akan dipilih sebagai referensi.

3. Fakultas, Program Studi, dan Mata kuliah

Poin ini juga sangat penting karena bisa memengaruhi bidang apa yang akan Anda kuasai ke depannya. Pertama coba tentukan fakultas yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda, kemudian bandingkan fakultas tersebut di beberapa universitas. Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai program studi dan mata kuliah dalam program pendidikannya.

4. Akreditasi

Sama halnya saat memilih sekolah, akreditasi universitas menjadi cukup penting untuk diperhatikan. Tidak bisa dipungkiri jika prospek setelah masa kuliah cukup dipengaruhi oleh akreditasi dari kampus tersebut, meskipun prestasi diri Anda sendiri yang lebih penting. Apalagi untuk beberapa jurusan yang bersifat kejuruan seperti kedokteran, psikologi, atau hukum dimana akreditasi universitas sangat berpengaruh saat Anda mulai menapaki dunia kerja.

5. Biaya

Saat memilih universitas poin biaya memang menjadi sorotan. Pasalnya biaya kuliah semakin hari semakin mahal. Namun sudah banyak pula bantuan seperti keringanan uang kuliah, beasiswa pemerintah, beasiswa yayasan, atau pembayaran secara cicilan. Perhatikan biaya kuliah yang diperlukan agar Anda tidak kesusahan saat sudah masuk universitas tersebut. Jika sekiranya biaya terlalu mahal tapi Anda sudah terlanjur cocok dengan universitas itu, cobalah mulai mencari solusi. Mulailah mencari beasiswa atau keringanan yang mungkin bisa diberikan saat Anda masuk kuliah nanti. Semoga sukses.

Komentar



error: Konten dilindungi!