4 Tips Ampuh Mengakali Biaya Kuliah yang Mahal

ukt-uny

Setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), maka para lulusan pasti berencana untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Memilih tempat kuliah yang bagus dan berkualitas menjadi prioritas utama setiap calon mahasiswa. Sayangnya, universitas yang memiliki reputasi dan kualitas baik biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini membuat banyak para orang tua merasa kesulitan untuk mendaftarkan anaknya ke universitas-universitas tersebut. Bagi beberapa jurusan favorit juga membutuhkan biaya kuliah yang mahal untuk dibebankan kepada calon pendaftar. Namun jika Anda ingin tetap memilih tempat kuliah yang baik untuk anak, tidak perlu merasa terbebani. Inilah 5 tips untuk mengakali biaya kuliah yang mahal agar anak Anda tetap mendapatkan pendidikan terbaik.

1. Fasilitas Cicilan dari Universitas

Layanan Kredit Pinjaman BankAda beberapa jenis universitas yang dapat memberikan fasilitas cicilan bagi para mahasiswanya. Anda dapat melakukan riset mengenai universitas mana saja yang dapat memberikan fasilitas cicilan dengan syarat yang mudah. Dengan adanya fasilitas cicilan, beban keuangan Anda akan menjadi lebih ringan dan tidak perlu khawatir dengan adanya bunga cicilan.

2. Diskon dari Perusahaan

murahDi Indonesia, terdapat banyak perusahaan besar yang menjalin kerja sama dengan berbagai universitas. Apabila Anda bekerja di salah satu perusahaan tersebut, maka kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan diskon untuk biaya pendaftaran kuliah. Untuk itu, pastikan Anda melakukan riset yang banyak mengenai program-program yang ada terkait kebijakan ini.

3. Membayar Setelah Bekerja

Job-Hopping
Sumber: vemale

Kebijakan ini sudah banyak dan umum diterapkan pada universitas-universitas luar negeri. Hal ini meringankan para mahasiswa untuk tidak terbebani dengan biaya kuliah selama menjalani proses kuliah. Mahasiswa dapat membayar biaya kuliah setelah berhasil mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sendiri. Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa lembaga pendidikan yang memberikan fasilitas ini kepada mahasiswanya.

4. Riset yang Banyak

Mencari Informasi PerusahaanJalan lain yang dapat Anda lakukan untuk mengakali biaya kuliah yang mahal adalah dengan melakukan banyak riset. Anda dapat mencari program-program yang memberikan keringanan biaya untuk calon mahasiswa. Ada banyak program yang dijalankan oleh pemerintah untuk membantu meringankan para orang tua ketika ingin mendaftarkan anaknya kuliah. Selain itu, Anda juga dapat melirik program beasiswa yang diadakan oleh universitas-universitas besar dengan akreditasi yang tinggi.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati biaya kuliah yang mahal. Semoga dapat bermanfaat.

Komentar



error: Konten dilindungi!