7 Tips Memulai Karier Usai Berhenti Bekerja

aaeaaqaaaaaaaaihaaaajgrhmjlmotywltbhmtgtndyync05yjazlwzln2uzztmxyjkzyw

Usai berhenti dari suatu pekerjaan, hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah mencari karier yang lebih baik dengan cara mendapatkan pekerjaan baru. Tapi sebelum Anda melakukan hal tersebut, Anda harus memastikan terlebih dulu pekerjaan baru tersebut tepat dan sesuai dengan passion Anda. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang sama. Bila Anda masih ragu untuk memulai karier yang baru setelah berhenti kerja, ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan.

Tips Memulai Karier Usai Berhenti Bekerja

1. Pilihlah Antara Karier dan Bisnis

karir dan bisnis

Sebelum Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru setelah berhenti bekerja, Anda harus berpikir ulang. Apakah Anda akan melanjutkan karier di kantor atau memulai untuk beriwirausaha. Temukan kembali passion Anda yang benar-benar diinginkan. Jangan sampai untuk kedua kalinya Anda salah pilih. Anda tentu tidak mau mengulangi kesalahan yang sama bukan?

2. Perdalam Karier Anda

perdalam karir

Jika setelah dipikirkan secara matang, Anda memilih untuk kembali memulai karier, maka Anda harus memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda. Perdalam karier Anda dengan lebih serius dalam bekerja. Tetap fokus tapi jangan terlalu kaku supaya karier Anda bisa lebih baik lagi usai kegagalan yang Anda alami.

3. Tingkatkan Kemampuan yang Anda Miliki

naikkan skill

Kemampuan merupakan faktor terpenting dalam membangun karier. Mempunyai banyak kemampuan dan keterampilan akan menguntungkan Anda dalam memulai karier yang baru. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengembangkan karier di perusahaan tersebut. Gunakan kesempatan kedua Anda dalam membangun karier dini dengan sebaik-baiknya, agar tidak mengalami kesalahan yang sama.

4. Hubungi Jaringan Koneksi Anda

koneksi

Anda bisa menghubungi teman atau pun partner Anda yang mempunyai informasi tentang lowongan pekerjaan. Link atau mungkin networking akan sangat diperlukan dalam kondisi Anda saat ini. Dengan adanya mereka, Anda bisa lebih mudah saat mencari pekerjaan baru. Ajaklah mereka untuk bertemu dan berbincang santai sambil mencari tahu informasi yang dibutuhkan.

5. Pertimbangkan Kondisi Keuangan

keuangan

Saat Anda tidak dalam keadaan bekerja alias menganggur, kondisi ini membuat finansial Anda dalam keadaan buruk. Di saat seperti ini, Anda perlu mempertimbangkan kondisi keuangan dalam memilih pekerjaan baru. Jangan Anda memasang target pekerjaan baru yang terlalu tinggi. Sesuaikan saja dengan skill, pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki supaya Anda tak lama berada dalam keadaan keuangan yang buruk.

6. Realistis dengan Permohonan Gaji

keuangan

Tak selamanya memilih pekerjaan dengan gaji tinggi itu hal yang menyenangkan. Terkadang Anda harus memilih antara gaji tinggi atau idealisme. Saat Interview kerja, meski Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda harus tetap memberikan tawaran gaji yang sesuai dengan apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Untuk itu, melakukan permohonan kerja yang realistis adalah pilihan yang tepat.

7. Jangan Terlalu Fokus Pada Dana Pensiun

dana pensiun

Banyak dari masyarakat yang mendambakan menjadi pegawai negeri. Mereka beranggapan, menjadi pegawai negeri bisa menjamin masa depan dengan adanya dana pensiunan yang diberikan. Tapi saat ini, mencari kerja jangan terlalu fokus pada dana pensiun yang akan didapatkan nantinya karena bisa membuat karier Anda memburuk karena terlalu lama menjadi pengangguran.

Itulah sejumlah tips yang bisa Anda terapkan setelah berhenti bekerja dan ingin memulai karier yang baru. Usahakan jangan terlalu lama dalam kondisi menganggur karena bisa memperburuk karier Anda di perusahaan baru. Targetkan pekerjaan yang realistis sesuai dengan pengalaman dan kemampuan Anda. Jangan terlalu ambisius terhadap pekerjaan yang belum mungkin Anda capai. Semoga bermanfaat.

Komentar



error: Konten dilindungi!