Menyiapkan Diri untuk Menjadi Sukses

image19-770x470

Hai sobat iCampers… Siapa yang tidak ingin sukses? Pasti semua orang bercita-cita ingin menjadi sukses. Lalu, apa saja sih yang perlu disiapkan untuk menjadi sukses?

Dalam buku Young on Top yang ditulis oleh Billy Boen, kunci sukses adalah dengan mengenali diri sendiri. Dalam buku ini, ada 35 kunci sukses yang dibagikan. Dimana ketiga puluh lima kunci sukses itu dibagi menjadi 3 bab. Nah kali ini, saya akan membahas bagian pertama dalam buku ini. Yuk simak bagaimana cara mengenali diri sendiri menurut Billy Boen:

 

1. Do what you love & love what you do

“Untuk kalian yang mahasiswa dan menganggap bahwa kalian telah mengambil jurusan yang salah, bersyukurlah bahwa kamu masih bisa kuliah! Kamu tahu kan bahwa ada jutaan orang yang ingin kuliah, tetapi tidak mampu!”

Sebagai mahasiswa, pasti kamu pernah merasa salah jurusan. Kalau sudah begitu, yang harus kamu lakukan adalah berusaha mengenali jurusanmu dengan baik. Caranya, kamu bisa diskusi dengan kakak angkatan atau dengan dosen walimu. Mintalah saran kepada mereka agar kamu bisa bertahan dan mencintai jurusanmu.

 

2. Be grateful

“Kamu ga akan bahagia, kalau kamu ga sadar, ga mau, dan belum mampu untuk bersyukur dengan apa pun yang kamu miliki sekarang ini.”

Bersyukur tidak harus selalu ketika kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Belajarlah bersyukur dari hal-hal yang kecil, seperti bisa bangun di pagi hari, bisa makan 2x sehari sebagai anak kos, punya teman banyak, dan lainnya. Dengan bersyukur perasaan kamu akan lebih bahagia.

 

3. Healthy life

“Cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat: jaga makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.”

Nah, biasanya mahasiswa sering menyepelekan kesehatan mereka. Begadang sampai malam untuk mengerjakan tugas, ngopi sampai pagi, menahan lapar karena kantong seret, tidur pagi, dan merokok. Tanpa sadar, dengan kamu melakukan itu sama halnya kamu sedang menabung penyakit di masa depanmu. Maka dari itu, hindarilah sebijak mungkin melakukan hal-hal diatas.

 

4. Integrity

“Integritas tidak dapat dipisahkan dengan kejujuran.”

Pada saat kuliah, kamu pasti sering melakukan TA alias titip absen. Tanpa sadar, itu adalah cikal bakal kalian tidak berbuat jujur. Maka, berbuatlah jujur mulai dari sekarang. Kalau kalian sakit gunakan surat dokter, kalau kalian ingin bolos, gunakan jatah bolos yang ada.

 

5. Dream & think BIG

“Kamu harus menargetkan melebihi apa yang kamu mampu kerjakan.”

Misal, di semester ini kamu menargetkan mendapat IP 3,00. Tentunya kamu akan belajar dengan keras dan mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan dosen. Dengan usaha yang ekstra keras, kamu bisa dipastikan bisa mendapatkan IP 3,00.

 

6. Confidence

“Don’t be overconfident person!”

PD boleh saja. Tapi kalau terlalu PD, jangan. Memiliki sifat PD akan membuat kamu lebih merasa yakin dalam melakukan setiap hal.

 

7. On time

Masyarakat Jepang sangat dikenal dengan kebiasaannya tepat waktu. Namun, beberapa kebiasaan masyarakat kita sangat menyepelekan waktu. Misal, rapat yang harusnya dimulai pukul 10.00 WIB malah dimulai pukul 11.30 WIB. Sebenarnya dengan kamu datang tepat waktu, kamu bisa melakukan banyak hal dan tidak mengecewakan teman-temanmu.

 

8. Open minded

“Segala sesuatu bisa dilihat dari berbagai sisi yang berbeda.”

Berpikiran terbuka adalah salah satu cara berpikir yang harus dimiliki oleh semua orang. Terutama buat kamu yang ingin sukses. Dengan berpikiran terbuka kamu akan lebih mengerti dan memahami kejadian yang ada disekitarmu.

 

9. Respect

“Kalau kamu bisa menghargai pendapat orang lain, pikiran kamu akan semakin terbuka dan dewasa.”

Respect berawal dari kebiasaan kamu yang berpikiran terbuka. Jadi, ayo respect dengan lingkunganmu mulai dari sekarang.

 

10. Never give up

“So, maju terus dan buktikan kamu bisa”.

Salah satu sifat yang harus dimiliki jika kamu ingin sukses adalah pantang menyerah. Orang bijak mengatakan kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Ketika kamu gagal, kamu jangan langsung marah, sedih, bahkan menangis. Renungilah kegagalanmu. Jika kamu sudah tahu kenapa kamu bisa gagal, maka carilah solusi agar kamu tidak mengulangi kegagalan tersebut.

 

11. Just perform

“Lakukanlah semaksimal mungkin, keluarkan seluruh kemampuan.”

Ketika kamu dipercaya menjadi ketua panitia acara, itu adalah kesempatan langkah. Gunakan kesempatan itu untuk mensukseskan acaramu.

 

12. Be calm, be “smart”

“Jangan langsung merespons apa pun itu, dengan emosi.”

Biasanya, ketika kamu sedang rapat di organisasi ada teman-temanmu yang tidak sepakat dengan idemu. Kamu, sebagai pemilik ide, jangan langsung marah ketika mendapat penolakan dari tema-temanmu. Mintalah penjelasan terlebih dahulu dari mereka. Dengan kamu langsung merespons penolakan itu dengan marah, bukan solusi yang kamu dapatkan, melainkan masalah.

Komentar



error: Konten dilindungi!