Hal Biasa yang Menyinggung Orang Jika Dilakukan di Negara Lain

memotret-produk-yang-diposting-di-web

Bagi sebagian orang mungkin beberapa aktivitas sederhana seperti menambahkan garam di makanan, memberi bunga, atau memotret adalah hal biasa yang sering dilakukan. Namun ternyata jika aktivitas tersebut dilakukan di negara tertentu, maka bukan lagi menjadi hal biasa. Hal tersebut bisa saja menyinggung orang lain atau bahkan membuat marah karena dianggap tidak pantas dilakukan. Karena di setiap negara terdapat adat dan gaya yang berbeda-beda, bukan tidak mungkin tindakan yang dianggap biasa menjadi luar biasa. Berikut adalah hal yang biasa dilakukan namun bisa menyinggung orang lain jika dilakukan di negara lain.

Hal Biasa yang Bisa Menyinggung di Negara Tertentu

1. Datang tepat waktu

tepat-waktu

Ketika harus menghadiri suatu acara, undangan, atau pertemuan maka sudah seharusnya Anda datang tepat waktu. Di Indonesia sendiri istilah “jam karet” kerap kali terdengar dilontarkan pada orang yang sering datang terlambat. Jika Anda datang terlambat maka akan dianggap tidak sopan dan tidak profesional. Namun berbeda jika Anda melakukan hal tersebut di negara Venezuela. Di sana jika Anda diundang untuk menghadiri acara, maka datang tepat waktu dianggap tindakan tidak sopan. Anda akan dinilai terlalu bersemangat dan ingin menghabiskan makanan yang disajikan saat acara. Ada baiknya, Anda datang 10 hingga 15 menit setelah acara.

2. Menghadiahkan bunga

berikan bunga
Sumber: anneahira

Banyak orang memberikan seikat bunga untuk menunjukkan rasa cintanya pada pasangannya. Namun hal tersebut tidak berlaku di negara China. Pasalnya memberikan bunga pada seseorang sama saja dengan mendoakannya untuk cepat meninggal. Hal tersebut karena di China sendiri, bunga sangat identik dengan kematian. Jadi saat akan memberikan hadiah di China, lebih baik pilihlah barang lain selain bunga.

3. Memotret orang

memotret-produk-yang-diposting-di-web

Sebuah foto dijadikan sebuah media untuk mengenang seseorang atau mengenang momen tertentu. Memotret sendiri sudah menjadi hal biasa yang dilakukan banyak orang di berbagai negara. Namun jika Anda berlibur ke Ghana, memotret adalah sesuatu yang tidak biasa bahkan bisa membuat yang difoto atau dipotret marah. Warga Ghana percaya jika saat dipotret, mereka bisa saja tertarik atau diculik oleh foto tersebut. Oleh sebab itu bagi mereka memotret diri adalah hal yang tidak lazim untuk dilakukan.

4. Menambahkan garam pada makanan

garam

Di Indonesia sudah biasa jika setelah memesan makanan, maka menambahkan bumbu lain seperti kecap, saus, garam, atau merica. Berbeda dengan di Mesir, menambahkan bumbu seperti garam dan gula setelah diberikan makanan akan membuat yang koki masakan tersebut sakit hati. Mereka menganggap Anda tidak menyukai masakan tersebut dan rasa makanan itu tidak enak.

5. Membayar masing-masing

bayar hutang

Istilah traktir sudah populer di Indonesia. Namun saat makan bersama teman tanpa ada momen spesial, seseorang cenderung membayar makanan mereka masing-masing. Di Turki, hal tersebut tidak berlaku. Jika Anda diajak makan bersama itu artinya orang tersebut akan membayarkan makanan Anda, meskipun tidak ada momen khusus. Mereka akan menolak tawaran Anda untuk membayar makanan masing-masing. Dan jika Anda tetap membayar sendiri, Anda akan dianggap tidak menghargai mereka.

Komentar



error: Konten dilindungi!