Bingung Penelitian Skripsi Antara Kualitatif dan Kuantitatif? Apa perbedaannya?

research

Bagi teman-teman yang senang bergelut dengan penelitian, atau yang saat ini sedang berhadapan dengan skripsi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah qualitative dan quantitave research. Biasanya, istilah tersebut digunakan sebagai acuan metode untuk sebuah research atau penelitian. Tetapi, apa sih sebenarnya perbedaan dua metode tersebut? Mari kita simak penjelasannya.

  • Tujuan

Qualitative research bertujuan untuk memahami dan menginterpretasi interaksi sosial yang ada sebagai suatu fokus dalam penelitian, sedangkan quantitative research memiliki tujuan untuk menguji hipotesis, mengacu pada sebab dan akibat, serta membuat prediksi dari suatu penelitian.

  • Kelompok penelitian

Pemilihan kelompok penelitian (group studied) untuk qualitative research biasanya dalam lingkup yang lebih kecil dan menggunakan ketentuan dan syarat-syarat tertentu. Sedangkan untuk quantitative research, pemilihan kelompoknya berada di lingkup yang lebih besar dan dipilih secara acak atau random.

  • Pengumpulan data

Untuk pengumpulan data, qualitative research biasanya berupa gambar, kata, atau objek, sedangkan quantitative research biasanya berupa angka atau data statistik.

  • Keobjektifan dan kesubjektifan

Qualitative research menekankan pada penilaian subjektif, sedangkan quantitative research menekankan pada penilaian yang objektif dari peneliti.

  • Metode Ilmiah

Qualitative research menggunakan metode exploratory atau bottom-up; yaitu dengan menghasilkan hipotesis atau teori baru dari data yang telah dikumpulkan. Sedangkan untuk quantitative research menggunakan metode confirmatory atau top-down; yaitu menguji hipotesis dan teori dengan data yang dikumpulkan.

  • Laporan akhir

Qualitative research menghasilkan laporan naratif dengan deskripsi sesuai konteks penelitian serta kutipan langsung (sebagai bukti) dari partisipan penelitian, sedangkan quantitative research menyajikan laporan statistik yang menujukkan perbedaan, korelasi, serta arti dari suatu penelitian (stastistik) yang dihasilkan.

 

Sumber : Xavier University Library

Komentar



error: Konten dilindungi!