2 Hal yang Membantumu Menulis Abstrak dalam Esai

essay-writing-2

Abstrak merupakan suatu bagian yang penting dalam pembuatan esai atau paper penelitian. Dalam penulisan skripsi, abstrak atau yang sering disebut sebagai intisari adalah bagian yang memberikan outline keseluruhan isi skripsi tersebut. Untuk lebih memahami bagaimana struktur penulisannya, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk membantumu dalam membuat sebuah abstrak.

  • Descriptive atau Informative Abstract

Abstrak dapat dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu abstrak deskriptif dan abstrak informatif. Abstrak deskriptif hanya memberikan deskripsi tentang topik penelitian yang diambil tanpa membubuhi informasi lain seperti metode, langkah, atau pun hasil dari penelitian tersebut. Contoh singkat:

Bahasa merupakan salah satu komponen penting dalam komunikasi. Dengan bahasa, seseorang akan memahami apa yang diutarakan oleh lawan bicara dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh perbedaan bahasa dalam penggunaan interjeksi pada masyarakat Suku A dan B serta aspek-aspek terkait, seperti penggunaan X dan Y.

Sedangkan abstrak informatif menyajikan informasi utuh namun ringkas mengenai penelitian yang ada, seperti topik, tujuan, metode, analisis, serta hasil penlitiannya.

Bahasa merupakan salah satu komponen penting dalam komunikasi. Dengan bahasa, seseorang akan memahami apa yang diutarakan oleh lawan bicara dan  begitu pula sebaliknya. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh perbedaan bahasa dalam penggunaan interjeksi pada masyarakat Suku A dan B. Faktor-faktor pengaruhnya akan dikaitkan dengan beberapa aspek, seperti pada penggunaan X dan Y. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quantitative research. Penelitian menunjukkan dari total 100 responden dari masing-masing suku, X masih mempengaruhi 71% masyarakat dalam pemilihan sebuah interjeksi.

  • Kata kunci

Untuk penulisan kata kunci atau keywords, akan lebih baik jika dituliskan urut berdasarkan alfabetnya. Sebagai contoh: Kata kunci: bahasa, interjeksi, xxxx, yyyy

Selamat berkarya! 🙂

Komentar



error: Konten dilindungi!