Tax Amnesty

slider-amnesti-3

Amnesti pajak adalah program pengampunan pajak yang diberikan Pemerintah kepada Wajib Pajak, seperti pajak terutang, sanksi administrasi pajak, serta sanksi pidana terkait pajak atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tembusan tanpa membayar bunga dan denda pajak.

Amnesti pajak berlaku sejak tanggal 31 Maret 2017, dan terbagi menjadi 3 periode, yaitu: periode I (tanggal diundangkan hingga 30 September 2016), periode II (tanggal 1 Oktober 2016 hingga 31 Desember 2016) dan periode terakhir yaitu periode III (tanggal 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017).

Amnesti pajak dapat diajukan di kantor pelayanan tempat wajib pajak terdaftar atau tempat lain yang ditentukan oleh Menteri dengan membawa surat pernyataan.

Yang dapat memanfaatkan Amnesti pajak adalah wajib pajak orang pribadi, wajib pajak badan, wajib pajak yang bergerak di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta orang pribadi atau badan yang belum menjadi wajib pajak.

Mengapa harus segera ikut amnesty pajak? Karena kebijakan ini tidak akan diberikan secara berkala, setidaknya hingga puluhan tahun kedepan, kebijakan ini tidak akan diberlakukan, serta membantu Negara dengan mempercepat pertumbuhan ekonomi, perbaikan likuiditas domestik, perbaikan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing, serta reformasi di bidang pajak menjadi lebih valid, terintegrasi, dan meningkatkan penerimaan pajak, semua hal ini akan membuat pembangunan fasilitas umum yang lebih baik seperti tol, jalan raya, jembatan dan lainnya. Untuk infomasi lebih lengkap silakan kunjungi www.pajak.go.id, di website resmi direktorat jenderal pajak akan dijelaskan lebih rinci mengenai prosedur pengajuan amnesti pajak  dan bagaimana mendaftar amnesti pajak dan hal  lainnya secara lebih rinci.


Sumber: www.pajak.go.id

Komentar



error: Konten dilindungi!