Siap Produktif di Semester Depan

target-kuliah1

Hola, iCampers yang sedang menikmati liburan panjang, kuliah, maupun yang masih berkegiatan organisasi di kampus, bagaimana harimu? Penulis mengucapkan, selamat menikmati hari – harimu, semoga menyenangkan.

iCampers, sebagai mahasiswa jangan terlena dengan liburan atau aktivitas organisasimu, ingatlah bahwa tujuan utamamu berkuliah adalah untuk menimba ilmu agar dapat memperbaiki kualitas hidupmu sebagai seorang pribadi. Disela waktumu baiknya kita menyiapkan diri untuk semester depan.

Nah, ayo kita simak tips dari iCampus Indonesia untuk siap produktif di semester depan.

Tentukan goals untuk semester depan. Tanpa memiliki tujuan yang jelas, sudah bisa dipastikan kuliahmu bak kapal laut yang berlayar tanpa nahkoda, alias tidak menentu. Nah, ayo tentukan goals yang ingin kamu capai di semester depan. Misalkan, kamu ingin memperoleh IPK 3,5 di semester depan agar dapat mengambil SKS (Satuan Kredit Semester) penuh sehingga bisa segera lulus. iCampuser sekalian juga harus mengingat, target yang akan kalian tetapkan baiknya cukup realistis untuk kalian capai ya. Jika kamu memiliki beberapa goals kamu bisa menuliskan dengan urutan sesuai dengan prioritas, ya.

Memilih pijakan untuk mencapai goals-mu. Tujuan atau goals yang sudah susah payah kita tentukan tidak akan bisa kita capai tanpa melalui serangkaian proses. Ada visi pasti juga disertai misi. Ada banyak pijakan anak tangga yang harus dilalui untuk mencapai lantai yang lebih tinggi guys. Ayo tentukan langkah – langkah yang sekiranya bisa membantumu mecapai goals-mu. Misi yang telah ditentukan bisa kamu tulis disecarik kertas lalu kamu selipkan di agenda kuliahmu, agar selalu menjadi pengingatmu untuk mencapai goals di semester itu.

Hadiah kecil untuk dirimu. Liburan panjang bisa kita manfaatkan untuk magang atau bekerja part time. Selain menambah pengalaman, penghasilan yang didapat bisa kita belanjakan sesuatu untuk keperluan kuliah kita seperti membeli laptop baru, buku diktat kuliah, ataupun perlengkapan praktikum. Kita juga bisa menyisihkannya sebagian untuk membeli baju baru yang bisa dipakai untuk kuliah, atau untuk teman – teman yang doyan touch-up  tiap ke kampus bisa nih untuk beli lipstick baru, bisa jadi penyemangat.

Survey lapangan kecil–kecilan. Setelah jadwal kuliah dan dosen pengampu mata kuliah kita sudah fix, wajib hukumnya untuk mengetahui karakter dan kebiasaan dosen – dosen yang akan mengampu mata kuliah yang kita ambil.

Jika kita mengetahui dengan baik karakter dosen, kita selangkah lebih maju dari kawan – kawan kita yang tidak. Kita bisa mengerjakan tugas dengan lebih baik karena mengetahui apa yang dosen kita inginkan melihat dari kebiasaan-kebiasaan. Kita bisa menanyakannya kepada kakak tingkat yang sebelumnya pernah mengambil kelas dan dosen yang sama dengan yang kamu ambil.

Demikian tips dari iCampus Indonesia, selamat menyusun goals-mu dan strategi untuk mencapainya. Semangat produktif ya iCampers!

Oleh : kristyar

Komentar



error: Konten dilindungi!