Forum Perempuan BEM Se-Jabodetabek Banten, Tonggak Perjuangan Mahasiswi Peduli Generasi Bangsa

bem-jabodetabek

“The empowered woman is powerful beyond measure and beautiful beyond description.” – Steve Maraboli

Forum Perempuan adalah sebuah wadah diskusi dan bergerak untuk para perempuan di bidang sosial politik dan aspek lainnya yang berkaitan dengan perempuan dan anak. Di Indonesia, keberadaan forum ini tentu sangat penting menanggapi banyaknya kasus-kasus kriminalitas dan pelanggaran hak yang tidak semestinya terhadap perempuan dan anak. Padahal, hal yang patut kita sadari bersama bahwa perempuan adalah tonggak generasi dari suatu bangsa. Dari rahimnya, lahir para pemimpin cerdas dan para pemikir yang hebat untuk kemaslahatan bangsa ke depannya.

Terkait dengan aspirasi bangsa, tentu itu tidak lepas dari peran mahasiswa. Maka dari itu, BEM Seluruh Indonesia (SI) membuat organisasi yang bisa menjadi wadah untuk mahasiswi, para penerus pergerakan perjuangan perempuan Indonesia untuk bergerak dan ikut andil dalam membantu juga mencerdaskan masalah-masalah yang terjadi pada kaum perempuan dan anak di Indonesia.

Forum Perempuan BEM SI dibagi menjadi beberapa wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, dan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dinaungi oleh Forum Perempuan BEM Se-Jabodetabek Banten. Diketuai oleh Arrofi Maretha Russian, Departemen Sosial Politik Politeknik Negeri Jakarta, dimana Politeknik Negeri Jakarta sekarang juga menjabat sebagai Koordinator Wilayah BEM Se-Jabodetabek Banten dan untuk Forum Perempuan BEM SI diketuai oleh Fathia Rahma, Wakil Presiden Mahasiswa STEI SEBI.

Forum ini aktif mengkaji dan membahas isu-isu perempuan dan anak di Indonesia, tidak sekedar mengkaji, tetapi FP BEM BSJB juga melakukan audiensi serta penyelesaian dalam bentuk kegiatan seperti aksi kreatif, penggalangan dana, aksi sosial dan juga turun langsung untuk menangani masalah baik ke pemerintahan maupun si korban.

Kini, FP BEM BSJB fokus dengan 3 isu yang sedang dibahas, JR KUHP, UU Kebiri dan Rancangan UU Pencegahan Kekerasan Seksual (RUU PKS), untuk progress FP BEM BSJB sendiri sudah melakukan audiensi ke ICJR, ahli psikologi, dan ahli kesehatan yang hasilnya nanti bisa diserahkan ke DPR untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang penting pengambilan keputusan.

 

Oleh : Shintya Maharani

Komentar



error: Konten dilindungi!